Bebenah Situs Gunung Padang 34 Miliar Tahun Ini

0
301

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur menyiapkan anggaran sebesar Rp 34 miliar untuk perbaikan infrastruktur dan pengembangan Situs Megalitikum Gunung Padang di tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yeyen Rohyanda, mengatakan, dana yang dikeluarkan tersebut bersumber langsung dari APBD Kabupaten Cianjur tahun anggaran 2017, terbagi untuk infrastruktur jalan dan sarana penunjangan lainnya.

“Untuk infrstrktur sekitar Rp 31 miliar dan penunjang pengembangan sebesar Rp 2,9 miliar,” kata dia.

Menurutnya, jalan yang akan dibangun dari pintu masuk utama di persimpangan Jalan Raya Sukabumi‎ hingga Situs Gunung Padang. Lebar jalan yang semula 3,5 meter pun akan ditambah menjadi 5 meter agar kendaraan besar seperti bus dapat masuk.

“Kami targetkan 2017 sudah selesai pembangunan jalannya. Jadi, nanti tidak ada lagi jalan berlubang menuju Gunung Padang. Jalan juga diperlebar,” kata dia.

Dana sebesar Rp 2,9 miliar, lanjut dia, akan ditujukan untuk penunjang kegiatan di Gunung Padang, seperti DED pembangun,, gapura, area parkir serta pelatihan untuk guide dan pemilik rumah singgah.

“Kami akan buat wisatawan yang datang senyaman mungkin dan menerima informasi tentang Gunung Padang sebaik-baiknya, sehingga wisata edukasi juga menjadi tujuan akhirnya,” kata dia.

Yeyen mengatakan, pemkab berencana untuk membatasi akses masuk ke Gunung Padang hingga di kawasan Stasiun Lampegan. Dari sana, lanjut dia, para wisatawan akan diangkut oleh kendaraan wisata ‎yang disedikan pemerintah.

“Jadi dalam perjalanan pengunjung akan lebih nyaman serta da‎pat menikmati pemandangan. Lalu-lalang kendaraan juga bisa diminimalisir, dan terpenting wisatawan yang naik kereta api bisa terfasilitasi,” kata dia.

Menurutnya, Gunng Padang juga menjadi‎ destinasi pengembangan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, lantaran masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Rencananya, pengembangan lanjutan oleh pemprov akan dilakukan di tahun depan.

“Untuk tahun ini difokuskan di Ciletuh Geopark, baru kemudian Gunung Padang. Kami harap masalah pembebasan lahan juga jadi perhatian pemprov dalam pengembangan tersebut,” tandasnya.(isl)

Comments

comments