Sejarah Jalan Perintis Kemerdekaan Cianjur

0
313
CIANJUR, patas-id – Jalan Perintis Kemerdekaan menjadi salah satu penghargaan terbesar yang diberikan kepada para perintis kemerdekaan di Cianjur. Diberikannya nama tersebut tidak lain tidak bukan untuk mengenang perjuangan para perintis kemerdekaan Indonesia sebagai pengetahuan pada generasi muda Cianjur.
“Anak muda di Cianjur harus tahu bahwa di kotanya juga ada perjuangan atau pergerakan menuju kemerdekaan. Salah satunya dengan adanya nama jalan yang membentang dari pertigaan Kantor Distarkim hingga Pasirhayam,” ujar Nenden Solihat, Ketua Perintis Kemerdekaan yang merupakan janda dari Sucipto (perintis kemerdekaan).
Menurutnya, penamaan jalan tersebut sudah diusulkan sejak pemerintahan Bupati Cianjur Eddi Soekardi ‎sekitar 1990. Namun baru berhasil ditetapkan dan disahkan di masa Bupati Cianjur Harkat Handiamiharja pada 1997.
“Prosesnya cukup panjang‎ dan akhirnya bisa ditetapkan jadi nama jalan tersebut. Dan itu membuat kami bangga serta menjadi hadiah paling berharga.”
Tetapi, lanjut dia, para janda perintis kemerdekaan berharap ada penyampaian kisah atau sejarah tentang perjuangan di masa perintis kemerdekaan dan pasca perjuangan 1945 kepada generasi muda. “Semua itu dilakukan agar mereka mengenal sejarah di daerahnya. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya dan menghargai jasa para pahlawah,” tandasnya. (isl)

Comments

comments