Pameran Foto Horor Takokak di Mapolres Cianjur

0
291

CIANJUR, patas.id – Deretan foto-foto buram peristiwa Horor Takokak dipajang di Mapolres Cianjur untuk melengkapi gambaran suasana di masa perang mempertahankan kemerdekaan. Pameran foto hitam putih dengan keterangan singkat itu masih perlu diperjelas dengan keterangan lainnya supaya mereka yang melihat tahu peristiwa dalam foto tersebut.

Itulah yang diucapkan sejarawan Anhar Gonggong saat melihat foto-foto yang terpampang dalam ruang pameran foto zaman perang, salah satu ruang yang disediakan khusus dalam seminar nasional Horor Takokak, sepenggal sejarah yang terlupakan.

Menurut Anhar, foto tidak hanya menjadi objek yang sekadar dipandang, namun dapat menceritakan kisah di balik suatu peristiwa.

“Melalui foto, sejarah di suatu tempat bisa tergambarkan.”

Terdapat sedikitnya lima papan panel yang dipasangi foto, setiap panel ditempeli enam foto di setiap sisinya. Jika dijumlahkan, ada sekitar 60 koleksi foto yang diperlihatkan dalam pameran tersebut.

Pameran foto tidak hanya yang mengisahkan kejadian di Kecamatan Takokak. Sebagian foto menggambarkan peristiwa perang mempertahankan kemerdekaan di Cianjur, sedangkan sebagian lain memperlihatkan penangkapan gerilyawan RI oleh pasukan Belanda.

Rencananya, puluhan foto tersebut akan disimpan di koridor ruangan di Mapolres Cianjur selama sepekan, supaya warga bisa datang ke Mapolres untuk melihat kondisi Indonesia di kala perang dan memperlajari sejarah.

“Awalnya akan disimpan di Dewan setelah dipasang dalam seminar. Namun karena pekan depan ada agenda reses, jadi kami simpan di Mapolres sebagai informasi kepada warga,” ujar Mario Devys, Ketua Panitia Seminar Horor Takokak. (isl)

Comments

comments