Fakta Supermoon 14 November 2016

0
266

Apa itu Supermoon?

Supermoon adalah fenomena alam yang indah saat bulan terlihat begitu dekat dengan bumi sehingga kita seakan bisa menyentuhnya. Saat supermoon terjadi, bulan bersinar 30% lebih terang dan ukurannya 14% lebih besar dari purnama biasa. Nama ilmiah supermoon adalah perigee-syzygy, namun nama supermoon dianggap lebih mudah diingat.

Seberapa dekat jarak bumi dan bulan saat supermoon?

Bulan akan nampak sangat dekat saat supermoon, namun tentu tak sedekat itu. Bulan dan bumi biasanya berjarak 384.400 kilometer. Namun saat supermoon 14 November 2016 terjadi, bulan akan mendekati bumi hingga jaraknya hanya 350.133 kilometer saja.

Kapan tepatnya kita bisa melihat supermoon 14 November 2016?

Mendekatnya jarak bulan dan bumi (perigee) akan terjadi pada pukul 18:23 WIB. Dan tidak lama setelah puncak perigee terjadi, puncak purnama pun menyusul pada pukul 20:52 WIB. Fenomena ini akan dapat terlihat di seluruh Indonesia.

Bagaimana penampakan supermoon?

Karena jaraknya lebih dekat, supermoon akan berwarnarna oranye kemerahan saat pertama kali terbit nanti malam sekitar pukul 18.23 WIB. Semakin tinggi, warnanya akan kembali putih kekuningan. Agar bisa menikmati keindahan supermoon lebih jelas, sebaiknya kita menyaksikan supermoon di tempat yang luas dan minim cahaya lampu (misalnya di pedesaan). Mau lebih asyik? Saksikan supermoon lewat teleskop atau di tempat peneropongan bintang.

Seberapa sering kita menyaksikan supermoon?

Supermoon adalah peristiwa langka yang hanya bisa disaksikan satu generasi sekali. Sepanjang tahun 2016 ini, generasi kita memiliki 6 supermoon. Empat supermoon sudah terjadi bulan-bulan sebelumnya. Supermoon paling terang akan terjadi hari ini (14 November 2016) dan supermoon terakhir tahun 2016 akan terjadi pada 14 Desember 2016. Supermoon sebelumnya terjadi pada 26 Januari 1948 dan supermoon generasi berikutnya baru akan terjadi pada 25 November 2034.

Akankah terjadi pasang surut laut?

Kemungkinan besar, ya. Pasang laut berhubungan langsung dengan daya tarik bumi dan bulan. Karena jarak bumi dan bulan lebih dekat saat terjadi supermoon, gaya gravitasi yang kuat akan menyebabkan air pasang naik lebih tinggi dan surut lebih rendah dari biasanya.

Akankah supermoon menyebabkan bencana alam?

Hampir tak ada bukti yang menyatakan bahwa dekatnya jarak bumi dan bulan saat supermoon bisa menyebabkan bencana alam. Ilmuwan James Berkland pernah menyatakan bahwa pergerakan dan jarak bumi-bulan, matahari-bumi, serta bumi-planet lain dapat menyebabkan gempa bumi, namun pernyataan ini tak pernah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah disertai bukti dan fakta otentik. Jadi, kita tak perlu khawatir.

Selamat menikmati supermoon 14 November 2016 nanti malam! (cho)

 

 

 

 

Comments

comments