Rencana Pembangunan Wisata Pantai Tapak Jago

0
330

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana untuk memngembangkan potensi wisata di sektor kelautan dan pantai. Tidak hanya pengembangan pantai yang sudah ada, Pemkab Cianjur juga tengah merencanakan pembangunan di pantai baru yaitu Pantai Tapak Jago, Cidaun.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib. Menurutnya, pengembangan potensi wisata pantai cukup baik, apalagi Cianjur punya beberapa pantai seperti Jayanti, Apra, dan lainnya.

Selain pengembangan pantai-pantai tersebut, Pemkab Cianjur juga berencana untuk berfokus pada Pantai Tapak Jago yang baru-baru muncul. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai tersebut memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya dari suhu dan kondisi geografis. “Semuanya akan dibangun, tapi tetap sesuai kondisi yang sekarang. Untuk yang Tapak Jago ini dibangun sebaik mungkin, seperti membuat masjid yang menghadap pantai, dan penataan pantainya juga lainnya.”

Menurut Budi, Cianjur memiliki potensi wisata pantai yang sama baiknya, bahkan lebih indah dibandingkan pantai lain di sepanjang pantai selatan. Sayangnya saat ini masih belum tergali dengan maksimal.

“Garut, Sukabumi, dan Banten saja bisa jadi destinasi wisata favorit untuk pantainya, kenapa Cianjur tidak? Kita punya potensi besar, makanya dikelola dan ditata seindah mungkin.”

Budi menuturkan, akses menuju pantai di Cianjur selatan pun sudah banyak, seperti Lingkar Jabar selatan dan melalui jalur utama dari perkotaan Cianjur. Perbaikan infrastruktur juga akan ditingkatkan. “Jalur sudah ada, penataan direncanakan, dan infrastruktur ditingkatkan. Modal itu yang jadi keunggulan Cianjur ke depan.”

Di samping wisata pantai, lanjut Budi, Mande juga bakal dijadikan salah satu destinasi wisata air dan venue olahraga air. “Semua akan tersinkronisasi. Utara, timur, dan selatan, semuanya terdapat destinasi wisata dan menunjang untuk rencana Cianjur sebagai wisata Pangan Dunia.”  (isl)

Comments

comments