Sejuta Pesona Taman Bunga Nusantara

0
586

Taman Bunga Nusantara adalah obyek wisata yang memiliki sejuta pesona. Taman yang beralamat di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi ini mempersembahkan hamparan bunga beraneka varietas yang didatangkan dari pelbagai negara bagi setiap pengunjung yang datang. Di dalam area yang sangat luas tersebut ditanam banyak jenis bunga yang berasal dari Australia, negara-negara Asia, Afrika dan Amerika Selatan, juga display bedding seluas kurang lebih 50.000 meter persegi.

tbn2Untuk bisa sampai ke Taman Bunga Nusantara, ada berbagai rute yang bisa ditempuh:

  • Dari Bandung: Melalu Terminal Leuwipanjang, naik bus jurusan Bogor/Kampung Rambutan/Merak yang via Puncak ya jangan samapai salah. Nanti turun di Pasar Cipanas. Lalu naik angkot Cipanas – Mariwati turun di Taman Bunga Nusantara.
  • Dari Bekasi: Melalui Terminal Bekasi naik bus jurusan Bekasi – Sukabumi, lalu turun di perempatan Tol Jagorawi – Ciawi. Dari sana dilanjutkan naik elf Bogor – Cianjur atau bus Jakarta – Puncak – Bandung dan minta turun di Pasar Cipanas. Dilanjutkan naik angkot Cipanas – Mariwati yang melewati Taman Bunga Nusantara.
  • Dari Depok: Naik bus jurusan Depok – Sukabumi turun di perempatan Ciawi – Tol Jagorawi naik elf Bogor – Cianjur atau bus jurusan Jakarta – Puncak – Bandung atau bisa juga yang ke Garut dan Tasik, lalu minta turun di Pasar Cipanas. Diteruskan naik angkot Cipanas – Mariwati dan turun tepat di Taman Bunga Nusantara.

 

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Pembangunan taman sudah dilakukan sejak tahun 1992 silam dengan tujuan utama untuk menciptakan taman yang menjadi aset nusantara dan berskala internasional. Taman ini kemudian banyak dikunjungi oleh masyarakat dari pelbagai latar belakang terutama mereka yang memang memiliki kepedulian tinggi untuk melestarikan tanaman-tanaman. Selain menjadi ajang wisata edukasi, taman ini menjadi area yang menarik dikunjungi oleh para pelukis, fotografer atau sinematografer yang biasanya menjadikan taman ini sebagai studio terbuka karena pemandangannya sangat indah, asri, dan memesona.

tbn3

tbn1

Sampai tahun 2014, Taman Bunga Nusantara telah dikunjungi oleh lebih dari 5.900.403 orang. Dominasi wisatawan yang berkunjung kesini mayoritas berasal dari dalam negeri (96%), Timur Tengah (2%), kawasan Asia (1%) dan juga dari kawasan Amerika dan Eropa (1%). Sebagai kelengkapan promosi, pihak pengelola Taman Bunga Nusantara telah menyiapkan brosur berkenaan dengan taman ini dalam lima bahasa yakni Indonesia, Mandarin, Inggris, Jepang dan Arab.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara*

Usia 4 tahun ke atas Rp 30.000,-
Tiket Dotto Trains Rp 40.000,-
Tiket Garden Tram Rp 40.000,-
Parkir Motor : Rp 5.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-
Parkir Minibus : Rp 15.000,-
Parkir Bus : Rp 20.000,-
Tiket Wira Wiri Rp 5.000,-
Tiket Rumah Kaca Rp 2.000,-
Peta Maze Garden Rp 1.000,-

*) Untuk rombongan siswa sekolah ataupun umum mendapatkan diskon khusus.

Comments

comments