Taman Air Mancur Sri Baduga Termasuk Top Five Events di Indonesia

0
308

PURWAKARTA, patas.id – Ikon pariwisata Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di kawasan wisata Situ Buleud, Purwakarta, diresmikan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, Sabtu (18 Februari 2017).

Event ini merupakan peresmian pembangunan tahap ketiga yang dilakukan, setelah peresmian sebelumnya dilakukan pada Januari 2014 (Tahap 1) dan Januari 2016 (Tahap 2). Dalam sambutannya, Arif Yahya menyebutkan bahwa Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan salah satu top five event atau lima kegiatan terbaik yang ada di Indonesia. Arief juga meminta maaf karena Presiden Jokowi tak berkesempatan hadir. Namun Arief menjanjikan akan mengajak Jokowi datang ke Purwakarta di lain kesempatan.

“Dari top five events di Indonesia, salah satunya adalah Taman Air Mancur Sri Baduga dan itu saya buat tertulis kepada Bapak Presiden. Setiap Menteri ditanya, “Anda mau mengajak Presiden kemana?” Salah satunya, beliau mau saya ajak ke sini.”

Peresmian Tahap Ketiga ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan Dedi bersama Arief. Acara yang dipandu MC kondang Luna Maya kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari kolosal “Siliwangi Gugat” dan “Digjaya Sri Baduga Maharaja” dari kelompok tari Sanggar Suci. Aktris ibukota lain yang berpartisipasi dalam acara adalah Charly (Setia Band) yang membawakan lagu karya Dedi Mulyadi, “Ngahiang”.

Acara puncak berupa tarian air mancur (water fountain) dengan iringan lagu-lagu bernuansa kecapi suling, pop, reggae, hingga lagu klasik berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Tarian air mancur ini memadukan unsur musik, laser, serta api yang mengundang decak kagum dan tepuk tangan pengunjung. Sesi pertama tarian air mancur berakhir sekitar pukul 21.00 WIB, sesi berikutnya dimulai pukul 22.00 WIB.

Peresmian Tahap Ketiga Taman Air Mancur Sri Baduga mengundang puluhan ribu pengunjung berdatangan. Tempat duduk di sekeliling air mancur yang berkapasitas 8.000 orang penuh sesak. Selain warga lokal Purwakarta, pengunjung juga datang dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Tuti (47 tahun), yang datang dari Bandung bersama suami dan ketiga anaknya.

Tuti mengaku terkesan dengan Taman Air Mancur Sri Baduga meskipun datang terlambat karena dihadang kemacetan dan hanya kebagian atraksi sesi kedua.

“Banyak banget yang datang, parkir juga jauh. Untuk sampai ke lokasi, saya harus jalan sekitar satu kilometer, mana pakai sepatu hak tinggi lantaran di Bandung ke kondangan dulu. Tapi puas lihatnya, bagus air mancurnya.”

Taman Air Mancur Sri Baduga di Situ Buleud Purwakarta dibuka setiap hari Sabtu untuk umum secara gratis. Tarian air mancur berwarna-warni ini menyemburkan air yang disemprotkan melalui sekitar 10 ribu selang air, diiringi alunan musik. Setiap Sabtu malam, ada 3 sesi atraksi yang bisa dinikmati pengunjung yang datang. (cho)

Comments

comments