25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian III)

0
288

Berikut ini adalah daftar “25 Kota Terbersih Dunia 2016”, disertai foto dan keterangan mengenai upaya pemerintah setempat untuk meraih predikat bergengsi tersebut. Bahkan di ruang-ruang publik dimana warga berkumpul, tak terlihat adanya ceceran sampah berserakan. Tak heran jika kemudian kota-kota bersih ini menjadi tujuan wisata dunia karena membuat wisatawan betah.

Jenewa (Swiss)

Jenewa terkenal sebagai kota yang makmur dengan biaya hidup tinggi namun aman serta nyaman ditinggali. Tapi tak hanya itu saja. Jenwa juga terkenal karena indah, bersih, serta berwawasan lingkungan. Sebagai salah satu kota terbersih dunia, Jenewa adalah tuan rumah Geneva Environment Network, sebuah organisasi dunia yang bergerak di bidang perlindungan serta pengembangan ketahanan alam.

Wina (Austria)

Sebagai ibukota Austria, Wina dihuni oleh sekitar 1,8 juta jiwa. Meski begitu, kota ini dikenal sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Selama beberapa dekade terakhir, pemerintah kota Wina menyediakan anggaran yang luar biasa besar untuk memperbaiki sistem pembuangan sampah serta mengubah pola pikir warga. Sistem itu berhasil. Saat ini, warga Wina dikenal sebagai warga yang sangat sadar lingkungan, berwawasan hijau, serta 100% mendukung pemerintah dalam upaya menjaga kebersihan dan kenyaman kota mereka.

Reykjavik (Islandia)

Berlokasi tak jauh dari Antartika, Islandia adalah salah satu negara terbersih di dunia. Jadi, tak heran jika kota Reykjavik yang terletak di sana, juga mendapat predikat kota terbersih dunia. Kota kuno ini nyaris tak banyak berubah semenjak mulai membuka diri pada abad ke-19. Bahkan hingga sekarang, seperti gadis pemalu, Reykjavik tetap menjadi kota yang dikenal mempertahankan lingkungannya yang perawan. Nyaris tak ada polusi di sana.

Helsinki (Finlandia)

Helsinki adalah ibukota sekaligus kota tebesar di negara maju Finlandia. Warga Helsinki dikenal memiliki komitmen kuat untuk menjaga agar kota mereka selalu nyaman dan bersih. Kota yang cerdas ini bahkan berhasil memangkas konsumsi energi kota dengan cara merancang suatu sistem rumit  yang superhemat.

Honolulu (Amerika Serikat)

Kota pulau yang berpenduduk sekitar 340 ribu jiwa ini letaknya terpencil, yakni 3.800 kilometer dari dari daratan Point Arena Lighthouse di California. Mungkin berkat letaknya yang terpencil, kota ini berhasil mempertahankan kebersihan dan keasriannya. Di kota ini, bahkan tempat tinggal gelandangan adalah tenda-tenda mungil yang cantik. Gelandangan saja sangat menjaga kebersihan, apalagi warga kota lainnya.

Kopenhagen (Denmark)

Ibu kota negara Denmark ini terkenal sebagai kota yang ramah pendatang dan sangat berwawasan lingkungan. Karena standar wawasan lingkungan di sana sangat tinggi, kehidupan ekonomi di Kopenhagen pun berwawasan lingkungan sehingga dua kali berturut-turut dianugerahi “Global Green Economy Index”. Salah satu indikasi kebersihan kota Kopenhagen adalah keberhasilan pemerintah mengolah kualitas air pembuangan sehingga air di pelabuhan Kopenhagen sangat layak dijadikan tempat berenang. Untuk meningkatkan kebahagiaan warga, pemerintah Kopenhagen juga menyediakan jajaran trampolin mini di jalan-jalan agar anak-anak bisa beraktivitas fisik, bermain melompat-lompat di sekitar rumah.

Chicago, Illinois (Amerika Serikat)

Dengan jumlah penduduk di atas 2,7 juta jiwa, Chicago adalah kota keriga terbesar di Amerika Serikat. Meski begitu, Chicago dikenal sebagai kota yang superbersih dan berwawasan lingkungan. Sejauh ini, Chicago telah membuat kebun atap seluas 186.000 meter persegi di seluruh penjuru kota untuk meningkatkan kualitas udara. pmerintah juga mendorong warga untuk menggunakan transportasi publik agar tingkat polusi bisa dikurangi.

Hamburg (Jerman)

Hamburg adalah kota kedua terbesar di Jerman yang selama bertahun-tahun selalu mendapatkan penghargaan kota terbersih dunia. Pemerintah dan warga kota Hamburg telah berkomitmen memangkas emisi gas berbahaya CO2 sebanyak 80% hingga tahun 2050 nanti. Pemerintah juga telah merilis detail tata kota untuk program “Green Network”. Dengan program ini, warga tak perlu lagi naik mobil sendiri jika ingin bepergian kemana pun di seluruh Hamburg. Keren ya? Padahal mobil-mobil berkelas yang banyak sliweran di Indonesia adalah buatan Jerman, lho! (cho)

25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian I)

25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian II)

Comments

comments