25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian I)

0
286

PATAS.ID – Hidup di kota yang bersih, nyaman, dan aman adalah hak setiap orang. Namun seiring perkembangan jaman, seringkali hak masyarakat tersebut terabaikan oleh berbagai kepentingan, terutama kepentingan bisnis.Untungnya, masih ada kota-kota di dunia yang berkomitmen untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih, sehat, dan tak tercemar. Namun, tentu saja, untuk meraih predikat kota yang bersih tidaklah mudah. Regulasi dan kesungguhan aparat pemerintah harus diiringi kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

Berikut ini adalah daftar “Kota Terbersih Dunia 2016”, disertai foto dan keterangan mengenai upaya pemerintah setempat untuk meraih predikat bergengsi tersebut. Bahkan di ruang-ruang publik dimana warga berkumpul, tak terlihat adanya ceceran sampah berserakan. Tak heran jika kemudian kota-kota bersih ini menjadi tujuan wisata dunia karena membuat wisatawan betah.

Zurich (Swiss)

Zurich dianggap sebagai kota yang paling bersih di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu orang, Zurich terkenal karena terus-menerus mengupayakan optimalisasi transportasi publik yang ramah lingkungan, memperbanyak jalur pedestrian dan sepeda, membuka kesempatan riset dan proyek peningkatan sumber daya energi, dan lain sebagainya.

Wellington (Selandia Baru)

Ibu kota Selandia sekaligus salah salah satu kota terbesar di Selandia baru ini memiliki reputasi sebagai kota paling bersih dan paling tertata. Sejumlah tempat wisata alam sengaja dipelihara keindahan dan kelestarian alamnya. Pemerintah setempat mendorong warga untuk menggunakan transportasi umum untuk mengurangi polusi. Saat ini, hampir setengah warga Wellington memilih naik bis ketimbang membawa kendaraan sendiri.

Ifrane (Maroko)

Ifrane adalah salah satu kota di Afrika yang terkenal kebersihannya. Terletak di ketinggian 1.665 meter di atas permukaan laut, kota yang mengandalkan wisata salju ini berkomitmen untuk tidak memberikan ijin pembangunan pabrik di wilayahnya. Tak heran jika warga kota bisa menikmati udara dan air bersih sepanjang waktu. Sebagai kota di negara muslim, Ifrane benar-benar mengamalkan “kebersihan adalah sebagian daripada iman”.

Oslo (Norwegia)

Ibukota Norwegia ini merupakan salah satu kota termahal di dunia dengan biaya hidup luar biasa tinggi. Namun sebagai imbal balik, warga Oslo bisa menikmati udara bersih dan lingkungan yang supernyaman. Seluruh penjuru wilayah Oslo bisa dijangkau dengan transportasi publik. Di kota tersebut juga banyak terdapat tempat penyewaan sepeda. Reader’s Digest pernah memberikan penghargaan “kota terhijau dan paling layak ditinggali” untuk ibukota Norwegia ini.

El Hierro (Spanyol)

Selain bersih, El Hierro baru-baru ini menarik perhatian dunia karena mampu mengolah sumber daya air yang mereka miliki menjadi energi listrik untuk menerangi sekitar 7.000 rumah tangga selama 24 jam nonton setiap harinya. Kota yang yang pemerintah dan warganya terkenal disiplin menjaga hutan dan gunung ini mendapat penghargaan dari UNESCO.

Freiburg (Jerman)

Freiburg adalah kota yang paling hangat di Jerman karena banyak mendapatkan sinar matahari. Untuk mengimbangi panas sinar matahari, pemerintah dan warga kota berkerja sama memelihara taman-taman kota, menanam pohon, membersihkan jalan, serta menjaga agar lingkungan tak tercemar. Daya tarik utama kota ini adalah keindahan Black Forest, sebuah gunung yang ekosistemnya terjaga baik.

Toronto (Kanada)

Toronto adalah bukti nyata bahwa sebuah kota besar pun bisa ditata agar bersih dan rapi. Kota berpenduduk 2,6 juta jiwa ini terkenal karena inovasi-inovasinya dalam mengurangi emisi rumah kaca. Kota ini juga memiliki sistem transportasi yang luar biasa efisien agar warganya bisa nyaman bepergian dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus membawa kendaraan sendiri.

Amsterdam (Belanda)

Amsterdam yang berpenduduk 600 ribu jiwa menyediakan tempat penyewaan sepeda di seluruh penjuru kota dan dianggap surga bagi pegowes. Sebagai akibatnya, udara di kota ini cenderung bersih dari polusi. Pada tahun 2012, Amsterdam menempati posisi ke-2 untuk “Kota yang Layak Ditinggali” versi Economist Intelligence Unit and posisi ke-12 untuk “Kualitas Lingkungan dan Infrastruktur Terbaik” versi Mercer.

25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian II)

25 Kota Terbersih Dunia 2016 (Bagian III)

 

 

Comments

comments