Sudah 3 Sekda di Cianjur Mundur di Tengah Jalan

0
381

CIANJUR, patas.id – Cecep Alamsyah dipastikan mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur. Pejabat yang baru menjalankan tugasnya selama sepuluh bulan tersebut mundur lantaran sakit, sehingga dinilai takkan maksimal menjalankan tugas sebagai Sekda.

Kepastian itu pun dilontarkan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kepada wartawan di Pendopo Cianjur. Menurutnya, Cecep mundur dari jabatannya terhitung sejak Kamis (19 Oktober 2017).

“Iya, Cecep Alamsyah mengundurkan diri dari jabatannya,” kata Irvan di Cianjur, Kamis (19 Oktober 2017).

Menurutnya, Cecep mundur lantaran mengidap penyakit kencing manis dan penyakit lainnya yang sering kambuh jika terlalu sering duduk atau kelelahan. Hal itu dinilai bakal menghambat tugasnya sebagai Sekretaris Daerah, sehingga memilih untuk turun jabatan dan pindah menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Jadinya di Perizinan (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, red),” katanya.

Posisi Cecep, lanjut dia, akan digantikan pejabat sementara yang diisi oleh Aban Sobandi hingga ada pejabat yang lolos dalam lelang jabatan Sekda. “Sementara Pak Aban Sobandi jadi Plt-nya,” kata dia.

Perlu diketahui, Cecep Alamsyah dilantik pada 21 Desember 2016 bersama 1.114 pejabat eselon II, II dan IV di lingkungan Pemkab Cianjur sebagai Sekda. Jadi terhitung mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur itu baru menjabat selama 10 bulan sebagai Sekda, padahal seharusnya jabatan tersebut maksimal bisa ditempati selama lima tahun.

Cecep pun menjadi orang ketiga yang mundur dari jabatan Sekda di tengah jalan, bahkan ketiganya menjabat secara berurutan.

Sekda yang pertama kali mundur di tengah jalan adalah Bachrudin Ali di masa kepemimpinan Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh. Ali resmi mundur dari jabatannya, 18 Juni 2013, setelah keluarĀ  surat Keputusan Bupati No : 851.4/Kep.31.BKPPD/2013. Alasan kesehatan membuatnya mundur dari jabatan strategis tersebut.

Setelah itu, Oting Zaenal Mutaqin yang hampir 3 tahun menjabat sebagai Sekda juga mundur dari jabatannya di tengah jalan. Oting resmi mengundurkan diri dari jabatannya per 8 September 2016. Berbeda dengan dua Sekda lainnya, Oting mundur lantaran ingin fokus menjalani usahanya dan kini menjadi fungsional di Bappeda Kabupaten Cianjur. (isl)

Comments

comments