Doa Bersama untuk Nusantara Bersatu

0
223

CIANJUR, patas.id – Ribuan siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK sederajat mengikuti agenda doa berama dalam kegiatan Nusantara Bersatu‎ di halaman parkir Supermall Cianjur, Rabu (30 November 2016) pagi.

Selain siswa, turut hadir perwakilan dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cianjur, TNI, Polri, serta dari unsur Pemerintah Kabupaten Cianjur. Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman juga ‎hadir dalam kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, dalam orasinya menjelaskan, bahwa persatuan dan kesatuan yang berkembang di masyarakat sudah dipupuk semenjak zaman prasejarah nusantara.

“Ini berarti, rasa persatuan atau kebhinekaan rakyat Indonesia telah terbentuk sebelum NKRI lahir. Dan mesti dijaga terus,” kata dia.

Menurutnya, kebhinekaan atau keberagaman sudah seharusnya dipahami sebagai sebuah kekuatan pemersatu bangsa yang keberadaannya tidak bisa dipungkiri. Kemerdekaan juga mesti dimaknai, jika perbedaan yang mempersatukan bangsa.

“Semua harus menerima perbedaan sebagai kekuatan bukan sebagai ancaman atau gangguan. Semua budaya, agama, dan suku yang mempersatukan dengan rasa nasionalisme,” kata dia.

Dia menambahkan, semboyan bangsa Indonesia memiliki makna yang penting yaitu toleransi dapat mencairkan perbedaan sebagai persatuan, sehingga tak ada perpecahan atau konflik.

“Kesatuan merupakan hal yang harus dilakukan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan dari berbagai macam suku, agama‎, ras, dan antargolongan (SARA). Jayalah negeriku bersatulah bangsaku‎,” tutupnya.(isl)

Comments

comments