Hari Ini Apdesi Cianjur Pilih Ketua

0
223

CIANJUR, patas.id – Empat calon ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Cianjur bakal berkompetisi meraih suara terbanyak untuk menjadi ketua dalam Musyawarah Cabang (Muscab) II hari ini, Senin (14 November 2016).

Ketua Muscab II Apdesi Kabupaten Cianjur, Usep Syukur, mengatakan bahwa dari keenam bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran, hanya empat calon yang lulus, yakni Asep sahrul Gofur (Kepala Desa sukamulya Kecamatan Cugenang) dengan nomor urut 1, Beni Irawan (Kepala Desa Cirumput Kecamatan Cugenang) dengan nomor urut 2, Utte Mishabudin (Kepala Desa Kademangan Kecamatan Mande) dengan nomor urut 3, dan Asep Yuliarso (Kepala Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang) dengan nomor urut 4.

Menurut Usep, pemilihan akan dilakukan secara demokrasi atau pemilihan langung oleh 32 perwakilan dari 32 kecamatan di Cianjur.

“Jadi sistemnya setiap kecamatan menyodorkan satu perwakilannya untuk memilih dalam Muscab di salah satu hotel di Cipanas,” kata dia.

Di tempat terpisah, Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar mengungkapkan dukungan penuh atas pemilihan ketua Apdesi tersebut. Irvan juga mengimbau agar pemilihan dilakukan dengan musyawarah antar calon dan menentukannya secara aklamasi. Menurutnya, hal itu dilakukan hanya untuk mengantisipasi timbulnya konflik antar pendukung dari masing-masing calon.

“‎Baiknya seperti itu (musyawarah/aklamasi). Setiap kades kan sudah punya bagiannya di desa, Apdesi ini hanya wadah dan penghubung antara desa dengan Pemkab. Jadi jangan sampai ada konflik nntinya, yang paling penting itu.”

Irvan juga menegaskan bahwa dirinya tidak mendukung atau menunjuk salah satu calon. Siapapun yang terpilih, lanjut dia, diharpkan dapat bersinergi untuk membangun Cianjur. “Banyak isu dan opini jika ada dukungan atau penunjukan, tapi itu tidak benar. Siapapun yang terpilih kami harap bisa turut berdampingan untuk Cianjur,” harapnya. (isl)

Comments

comments