Imbas Sidak di Perizinan, Dinas-dinas Teknis Akan Dipanggil Wabup

0
249
DIPERIKSA: Wakil Bupati Cianjur memeriksa berkas pengajuan izin yang menumpuk dan belum ditandatangani di atas meja Kepala BPPTPM Cianjur.

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pihaknya bakal memanggil sejumlah dinas teknis untuk melakukan percepatan pembuatan izin, Selasa (8 November 2016) nanti. Alasan dari Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kabupaten Cianjur pun menjadi dasar pemanggilan tersebut.

Herman mengatakan, dinas yang akan dipanggil di antaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustian dan Perdagangan, Dinas Binamarga, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Dinas Pendidikan, Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi, dan lainnya.

“Pokoknya semua dinas teknis yang berkaitan dengan pembuatan izin akan dipanggil,” katanya saat ditemui di Pendopo Kabupaten Cianjur, Minggu (6 November 2016) siang.

Menurutnya, alasan BPPTPM terkait menumpuknya permohonan izin di meja kepala badan diakibatkan proses di dinas teknis yang juga lama akan dijadikan dasar untuk mengkonfirmasi dan mendorong percepatan.

“Kami akan tanya benar atau tidak hal itu. Kalau memang iya maka akan ditekan untuk lebih cepat, dan kalau tidak berarti ada yang belum benar dengan pelayanan izin,” kata dia.

Herman mengatakan, jika BPPTPM sudah menjadi dinas pada 2017 mendatang, pelayanan perizinan akan didorong untuk lebih cepat lagi. Pasalnya sudah menjadi dinas teknis dan tidak menjadi badan koordinasi lagi.

“Sebelum itu, dimaksimalkan dulu yang sekarang. Koordinasnya dipercepat sehingga izin itu tepat waktu, selesai selama 14 hari, sesuai ketentuan, bukannya malah ditumpuk,” kata dia.

Terkait pegawai teknis yang mengisi dinas permodalan dan satu atap, lanjut dia, hal itu bisa diajukan dalam pembentukan struktur organisasi di perangkat daerah baru.

“Kan sudah ada perubahan, dimasukan saja nama-namanya. jadi ketika nanti sudah dibentuk, pelayanannya bisa cepat karena pegawainya di sana cepat,” kata dia.

Di sisi lain, Herman menambahkan, untuk kasus penumpukan berkas pada Sidak belum lama ini, rencnanya Senin (7/11) kepala BPPTPM akan dipanggil oleh Inspektorat Daerah. “Nanti akan dipanggil untuk diklarifikasi dan diselesaikan pokok masalahnya. Hasilnya diungkapkan dalam pemanggilan dinas besoknya,” kata dia.(isl)

Comments

comments