Wabup Cianjur Marah Saat Sidak, Ini Kata Kepala Perizinan

0
225
DITANDATANGANI: Kepala BPPTPM Kabupaten Cianjur, Endang Suhendar, saat menandatangani berkas pengajuan izin.

CIANJUR, patas.id – Kepala Badan‎ Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kabupaten Cianjur, Endang Suhendar, membantah pernyataan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang menganggap pihaknya memperlambat pelayanan perizinan.

Menurutnya, berkas yang menumpuk di meja dengan jangka waktu yang sampai lebih satu bulan bukan karena tidak ditunda untuk ditandatangani, namun berkas dari pengajuan izin yang belum lengkap.

“Tidak benar berkas ditunda, itu karena ada syarat yang belum dilengkapi. Seperti kalau IMB, IPPT-nya belum selesai. Itu kan adanya di dinas teknis lain, jadi kami menunggu juga. Sebelum itu selesai maka izin tak bisa diberikan,” kata dia saat ditemui ‎di kantornya, Kamis (3 Oktober 2016).

Menurut dia, jika berkas dan syaratnya sudah lengkap, maka langsung ditandatangani.

“Seperti berkas ini (memperlihatkan berkas permohonan izin) kemarin belum ada poin kelima yang menyatakan tak adanya retribusi, sekarang sudah ada dan bisa ditandatangani‎,” kata dia.

Kepala Bidang Informasi Pendaftaran dan Penanganan Pengaduan BPPTPM Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh, menuturkan, idealnya ketika berkas tidak lengkap dan belum dilengkapi sampai 14 hari maka berkas dikembalikan. Namun kebijakan di Cianjur membuat proses perizinan dan pemenuhan syarat dilakukan sambil berjalan.

“Harusnya seperti itu, bahkan ketika daftar dan tidaklengkap langsung ditolak. Tapi karena pelayanan harus baik maka dilakukan pelengkapannya secara berjalan. Proses pelengkapan di setiap dinas ini yang kadang lama. Makanya ad berkas yang lebih dari sebulan. Jadi inihanya masalah teknis,” kata dia.

Seperti yang diketahui, kemarin (2 Oktober 2016) Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman marah dan sempat membanting berkas ketika melihat tumpukan permohonan izin yang menumpuk di meja Kepala BPPTPM. Padahal berkas itu sudah lama di sana, dan belum ditandatangani.(isl)

Comments

comments