Maenpo Cianjur Bikin Deding Ishak Kagum

0
346

CIANJUR, patas.id – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Deding Ishak menyempatkan diri untuk hadir dalam puncak acara perayaan Hari jadi Cianjur ke -340. Wakil rakyat dari Dapil Cianjur dan Bogor itu pun bangga dengan kesenian dan kebudayaan yang tetap lestari dan meramaikan kegiatan tersebut.

Deding datang sekitar pukul 14.00 WIB ke halaman Pendopo Cianjur. Begitu tiba, ia langsung mendatangi salah satu dari tujuh panggung kesenian yang menampilkan seni beladiri pencak silat asli Cianjur, maenpo.

Penampilan maenpo dari Kepala Dinas Sosial Sumitra dan anak-anak dari Cibeber membuat Deding kagum, sebab penampilan tersebut baginya menunjukkan bahwa di Cianjur, budaya masih dijaga, bahkan oleh generasi muda.

“Inilah kekhasan Cianjur, seni dan budayanya masih dijaga. Apalagi Pemkab pun mendukung dengan melibatkan para pelaku seni, salah astunya untuk maenpo ini. Tentu jadi hal positif di perayaan Hari jadi Cianjur.”

Menurut Deding, saat ini kebudayaan lokal sudah banyak ditinggalkan oleh para generasi muda akibat masuknya budaya asing. Oleh karena itu, perlu ada yang mempertahankannya. Cianjur dinilainya sukses dalam melestarikan kebudayaan yang ada, mulai dari mamaos, maenpo, dan lainnya.

“Saya pribadi pun tidak segan untuk beri dana pembinaan bagi mereka yang turut melestarikan. Indonesia adalah negara yang religius, humanis, berbudaya, serta bermartabat. Semua itu masih terjaga di Cianjur, terlihat dari kegiatan ini,” simpulnya. (isl)

Comments

comments