Fasilitas Ramah dan Layak Lansia Harus Terus Ditingkatkan

0
446

CIANJUR, patas.id – Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur mendorong Pemerintah Kabupaten Cianjur agar memberikan fasilitas yang ramah dan layak untuk para orang lanjut usia (lansia) di Kabupaten Cianjur.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, Sapturo, mengatakan, pemkab harus menyediakan sarana olahraga seperti jogging track, taman yang tertata, dan lainnya. Hal itu dilakukan supaya mereka bisa menikmati masa tuanya.

“Saat ini sudah ada sarananya, tapi masih perlu ditingkatkan, agar para lansia ini bisa semakin nyaman menikmati akhir masa hidupnya,” kata dia saat ditemui di halaman Pendopo Cianjur, Senin (29 Mei 2017).

‎Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pihaknya sudah menyediakan banyak fasilitas bagi lansia di Cianjur, seperti taman Prawatasari, Hutan Kota di depan Pasar Muka, Taman Joglo, dan beberapa taman lainnya yang dalam masa pembangunan.

Tidak hanya taman, pihaknya juga sudah melakukan pembangunan trotoar dengan konsep datar, tidak naik turun seperti sebelumnya. Hal itu dilakukan supaya para lansia lebih mudah saat berjalan, tidak perlu menghabiskan tenaga yang lebih besar.

“Sesuai yang diminta peserta peringatan Hari Lansia, kami sudah siapkan tempat rekreasinya seperti taman,  jogging track juga ada, termasuk trotoar dengan konsep taman di sampingnya, disediakan untuk mereka.”

Menurut Herman, adanya fasilitas taman, olahraga, dan pelayanan kesehatan, membuat rata-rata hidup warga Cianjur masih panjang, yakni 68 tahun. Dibuktikan dengan banyaknya lansia.

“Lansia di Cianjur juga masih eksis, bahkan banyak juga yang usianya di atas 80 tahun. Ini membuktikan kesehatan warga masih baik. Kami akan terus berupaya sediakan fasilitas bagi lansia dan remaja supaya tingkat kesehatan bisa terusmembaik dan rata-rata lama usia bisatetap panjang,” katanya. (isl)

Comments

comments