Ade Barkah: Akibat Perencanaan Tak Jelas, Banyak Pemerintahan DOB yang Gagal

0
319

CIANJUR, patas.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Ade Barkah Surahman, tidak menyetujui usulan pemekaran Cianjur Utara yang meliputi 13 kecamatan. Pasalnya, pemerintahan saat ini baru berjalan dan dikhawatirkan pemekaran tidak berjalan optimal.

“Pemerintahan yang terpilih secara demokratis dalam Pilbup baru berjalan beberapa bulan. Kalau ada yang mengusulkan pemekaran dan menilai pembangunan tidak jalan, dasarnya dari mana? Pemekaran terhadap pemerintahan yang berjalan belum genap setahun merupakan pengingkaran terhadap demokrasi.”

Pria yang akrab disapa AB ini mengakui bahwa sebelumnya dia pernah mendorong adanya pemekaran, namun itu dilakukan terhadap pemerintahan yang sudah berjalan beberapa tahun dan tak nampak pembangunannya. “Kita ketahui bersama pemerintahan sebelumnya bahwa pembangunan ada, tapi berjalan lambat. Pemerataan pun tidak ada, makanya diusulkan untuk pemekaran,” tuturnya.

Namun pemerintahan saat ini dinilai AB sudah menunjukan progres yang baik dalam pemerataan pembangunan, baik di wilayah utara maupun selatan.  “Jadi baiknya tunggu dulu, biarkan pemerintahan saat ini berjalan. Nanti jika dalam jangka beberapa tahun tidak selesai, dan pembangunan tak merata, ayo, saya dorong pemekaran. Tapi saya rasa pemerintahan saat ini akan berjalan baik dan pembangunan akan merata,” ujarnya optimis.

BACA: Presidium Pembentukan Cianjur Utara Serius Ajukan Pemekaran

Di samping itu, ungkap AB, dari sekian banyak daerah yang memisahkan diri, hampir mayoritas gagal. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) habis hanya untuk biaya gaji pegawai, sementara pembangunan tidak ada.

“Banyak yang gagal karena perencanaan pemerintahan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang tak jelas. Perencanaan APBD hanya habis oleh gaji pegawai tanpa pembangunan. Makanya jangan dulu berbicara DOB, lihat berjalannya pemerintahan saat ini. Bukan urusan layak atau tidak layak, tapi kalau tak ada pemerataan, silakan usulkan pemekaran.”

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu dibentuk Presidium Pembentukan Cianjur Utara. Mereka yakin dan tampaknya serius untuk melakukan pemekaran bagi 13 kecamatan di wilayah Cianjur utara. Meski banyak kabupaten/kota yang gagal setelah ada DOB, Presidium Pembentukan Cianjur Utara tetap yakin jika pemekaran di Cianjur akan berjalan baik dan mencapai target dalam menyejahterakan warga di Cianjur utara. (isl/tri)

Comments

comments