Penyertaan Modal 50 Milyar untuk Perumdam Diprotes

0
280

CIANJUR, patas.id – Sejumlah orang dari Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) melakukan protes untuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyertaan Modal Perumdam Tirta Mukti saat sidang paripurna digelar di Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (8 Desember 2016) sore.

Penolakan tersebut diungkapkan oleh perwakilan Pospera saat Asep Iwan dari Fraksi Partai Golkar menyampaikan pandangannya dalam agenda sidang penyampaian pandangan fraksi-fraksi dan eksekutif.

‎Perwakilan Pospera, Adi Supriadi, mengatakan bahwa Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur telah beberapa kali mendapatkan penyertaan modal, namun hasil atau pengaruh dari penyertaan modal itu belum tampak.

“Berdasarkan data yang kami punya, pengaruh penyertaan modal terhadap pertumbuhan aktiva tidak kuat atau tidak memiliki daya dorong, bahkan rentan atau berkontribusi negatif.”

Di samping itu, tutur Adi, Pemkab melakukan penyertaan modal saat APBD Cianjur tidak mengalami surplus. Padahal berdasarkan aturan, penyertaan modal diberikan setelah APBD dinyatakan surplus. “Oleh karena itu, kami meminta penyertaan modal terhadap Perumdam dibatalkan atau penyusunannya dihentikan karena dinilai tak bermanfaat dan masih banyak sektor lain yang lebih penting dan membutuhkan anggaran.”

Hal tersebut selaras dengan ‎pandangan dari Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan Yedi Riswandi. Menurutnya, masih banyak bidang yang memerlukan anggaran daripada harus memberikan penyertaan modal pada Perumdam Tirta Mukti. Selain itu, pihaknya belum mendapatkan hasil laporan tentang pengelolaan sebelumnya.

“Jadi kami belum bisa menerima penyertaan modal sebelum ada penjelasan dari Perumdam. Kalau tidak mendesak, lebih baik dialihkan anggarannya ke sektor lain.”

Anggota Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional (GPN), Tavip Darmawan, juga berpendapat bahwa penyertaan modal senilai Rp 50 miliar selama lima tahun belum bisa diterima. “Harus ada kajiannya dulu lebih dalam, baru dilakkan penyertaan modal,” kata dia.

Sementara itu, lima fraksi lainnya menyetujui seluruh Raperda yang diusulkan, termasuk Penyertaan Modal Perumdam Tirta Mukti Cianjur. (isl)

Comments

comments