Puluhan Kades Cianjur Belum Bikin Laporan Pengelolaan Dana Desa

0
267
1¼`

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur memberikan tenggang waktu selama tiga hari kepada para kepala desa untuk menyelesaikan laporan pengelolaan Dana Desa (DD) termin pertama di tahun anggaran 2017. Pasalnya laporan tersebut menjadi dasar pencairan anggaran termin kedua.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pihaknya melakukan evaluasi dengan memanggil para camat dan pendamping desa. Hasilnya didapati bahwa 25 persen dari 354 desa di Cianjur belum menyelesaikan laporannya.

“Senin kemarin (24 Juli 2017) sudah dipanggil. Memang masih cukup banyak yang belum membuat laporan.”

Menurut Herman, tidak hanya dari wilayah seletan, di wilayah Cianjur utara dan perkotaan juga masih ada kepala desa yang belum membuat laporan. “Hampir merata, yang di utara juga ada yang belum (membuat laporan, red),” ucapnya.

Ada beragam kendala mengapa para kepala desa tersebut belum membuat laporan, ungkap Herman, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), kondisi dilapangan, dan prosesnya yang lambat.

“Tapi seharusnya kendala teknis bisa diselesaikan dengan cepat, mengingat bimbingan teknis sering dilakukan termasuk ada pendamping desa.”

Herman menegaskan, desa yang belum melaporkan pengelolaan termin pertama diberi waktu tiga hari untuk menyelesaikannya. Jika tidak, dia akan turun langsung untuk menggenjot percepatan laporan.

“Ini kan dilakukan supaya yang termin kedua sebesar 40 persen segera dicairkan, jadi pembangunan bisa tuntas. Lusa dilihat sudah tuntas atau belum, nanti saya turun ke lapangan kalau memang masih banyak yang belum,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments