Tim Gabungan Periksa Kelaikan Bus dan Tes Urine Sopir

0
275

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan Satlantas Polres Cianjur dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur melakukan pemeriksaan kelaikan bus dan tes urine terhadap sopirnya.

Pemeriksaan itu dilakukan di Terminal Pasirhayam, Senin (19 Juni 2017) siang sekitar pukul 13.00 WIB dengan target bus antarkota antarprovinsi.

Di sela kegiatan pemeriksaan, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Rachmat Hartono, mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh kendaraan angkutan orang, terutama yang trayeknya jauh seperti bus antarprovinsi.

“Dari pagi kami sudah lakukan pemeriksaan, tapi puncaknya siang ini bersama tim gabungan.”

Menurutnya, seluruh bagian kendaraan diperiksa, terutama urusan administrasi, KIR, dan fungsi mesin yang meliputi rem, gas, serta bagian lainnya. Pasalnya musim mudik lebaran, kendaraan angkutan harus dipastikan dalam keadaan laik jalan.

“Yang paling utama itu pengecekan rem, sebab melihat kecelakaan yang terjadi belum lama ini akibat rem yang tidak pada kondisi baik.”

‎Para petugas juga ditekankan untuk memeriksa dengan sangat teliti tanpa melewatkan satu bagian pun. “Daripada nanti dampaknya menimbulkan kecelakaan, lebih baik kerja keras pastikan semua fungsi laik jalan,” katanya.

Dia menambahkan, sopir juga harus dipastikan tidak dalam pengaruh obat-obatan terlarang, apalagi sampai narkoba. Oleh karena itu, BNNK dilibatkan untuk menguji apakah sopir mengkonsumsi narkoba atau tidak.

“Jangan beralasan mengkonsumsi obat terlarang yang menjadi dopping itu supaya fit saat mengemudi, tetap tidak dibenarkan. Kalau mau fit, ya istirahat yang cukup.”

Menurut Rachmat, pemeriksaan akan dilakukan setiap hari hingga pasca lebaran. “Kami pusatkan pemeriksaannya di Terminal Pasirhayam sebab tempatnya yang luas dengan sarana yang cukup. Kami akan pastikan pemudik aman dan nyaman,” katanya. (isl)

Comments

comments