Pasirhayam Akan Jadi Titik Utama Pengecekan Kelaikan Kendaraan Mudik

0
310

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bakal memprioritaskan kelaikan dan keselamatan angkutan bus mudik mendekati Lebaran, tepatnya sepekan menjelang Hari Raya. Titik utama pengecekan dilaksanakan di terminal Pasir Hayam.

Kepala Seksi Teknik Keselamatan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Cianjur, Achmad Muhidin, mengatakan bahwa pengecekan akan melibatkan Kementrian Perhubungan, namun hingga saat ini masih dalam pengajuan.

“Ini merupakan kegiatan rutin mendekati Lebaran. Sudah dilakukan pengajuan, dan dalam waktu dekat akan ada jawaban.”

Sementara, Kepala Dishub melalui sekretarisnya, Rachmat Hartono, menerangkan bahwa titik utama pengecekan rencananya dilakukan di terminal Pasirhayam, sebab terminal tersebut dilewati seluruh bus angkutan mudik, sehingga seluruh bus yang melewatinya dapat diperiksa kelaikannya.

“Selain itu, terminal Pasirhayam dipilih, karena memiliki parkiran yang luas sehingga tidak memacetkan lalu lintas. Sehingga proses pengecekan tidak dilakukan dengan terburu-buru.”

Rachmat menambahkan, pengecekan akan dilakukan selama 16 hari, dari hari sebelum Lebaran hingga tujuh hari pasca Lebaran, termasuk hari Lebaran. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kecelakaan angkutan bus arus mudik.

“Keselamatan penumpang harus menjadi prioritas utama, diharapkan dengan pengecekan ini, kecelakaan bus mudik karena tika laik jalan menjadi berkurang.”

Jika saat pengecekan ditemukan bus yang kedapatan melanggar, perusahaan akan diberi sanksi tegas, mengingat pertaruhannya nyawa penumpang bus. “Kalau tetap membandel beroperasi, akan dilakukan pencabutan ijin usahanya, sesuai dengan prosedur yang berlaku,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments