Herman Suherman: Pancasila dan Agama Merupakan Satu Kesatuan

0
262
CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, warga Cianjur harus lebih ditanami pemahaman tentang Pancasila. Dikhawatirkan ketidakpahaman tersebut bakal menimbulkan perpecahan yang berujung pada konflik yang membawa isu SARA.
“Pancasila dibentuk untuk menjadikan seluruh suku dan golongan di Indonesia ini bersatu, menjadi sebuah negara kesatuan yang mengedepankan kebhinekaan,” ujar dia usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pancasila, Jumat (2 Juni 2017).
Menurut Herman, masih banyak yang belum paham makna dari Pancasila, sehingga terjadi konflik sosial di kalangan warga. Padahal jika diimplementasikan dengan baik, tidak hanya ketentraman, tapi kesejahteraan juga bisa diraih.
“Makanya kami akan terus genjot penerapan pemahaman Pancasia terhadap warga Cianjur.”
Herman juga menuturkan bahwa Pancasila dan agama merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan atau dihilangkan satu di antaranya. Menurutnya, akan berbahaya jika keduanya dipisah oleh salah satu kelompok demi kepentingan atau tujuan tertentu.
“Indonesia ini menjadi unik karena bisa menyatukan berbagai suku, ras, dan agama. Ini yang harus tetap dipertahankan, jangan sampai isu SARA terutama yang menyangkut agama terus bergejolak yang nantinya bisa merusak tatanan yang sudah baik tersebut.”
Oleh karena itu, lanjut Herman, Pancasila sebagai dasar negara harus tetap dijaga dari berbagai gangguan dan menjadi harga mati bagi Indonesia. “Kita indonesia kita Pancasila, Semua Indoinesia Semua Pancasila, dan Saya Indonesia Saya Pancasila,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments