40 Ribu Keping KTP Siap Dicetak Disdukcapil

0
208

CIANJUR, patas.com – Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mendapatkan penambahan‎ stok blanko e-KTP sebanyak 30.000 keping. Blanko itu akan dimaksimalkan untuk mengejar pencetakan print ready record yang sudah 87 ribu pemohon.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Ginanjar, mengatakan, bahwa ‎penambahan blanko untuk pencetakan e-KTP dilakukan pekan lalu dari Pemprov Jawa Barat. Stok Cianjur yang semula 10 ribu keping pun kini tersedia 40 ribu keping.

“Bulan lalu kan dapat 10 ribu keping, sekarang alhamdulillah ada tambahan sebanyak 30 ribu keping,” ujarnya saat ditemui di halaman Pendopo Cianjur, Senin (29 Mei 2017).

Menurutnya, stok tambahan tersebut akan dimaksimalkan untuk mengejar print ready record yang sudah lebih dari dua kali lipat stok yang ada, dimana angkanya mencapai 87 ribu pemohon. Jumlah tersebut didapat dari perekaman pemohon sejak Agustus 2016.

“Sejak Agustus kan stok mulai kosong, makanya print ready record menumpuk. Baru kembali ada blanko, April lalu. Sebenarnya harus ada penambahan stok lagi, minimal sesuai jumlah print ready record, tapi karena baru ada setengahnya, kami akan maksimalkan dulu.”

‎Menurutnya, jumlah print ready record bakal bertambah jika pemohon yang telah melakukan perekaman, menuntaskan urusan NIK-nya.

“Sekarang kan banyak juga yang dalam proses penunggalan data, kalau sudah selesai kemungkinan akan semakinn banyak lagi print ready reacord nya.”

Meski begitu, lanjut Ginanjar, pihaknya akan fokus pada pencetakan 40 ribu blanko bagi pemohon yang sudah menunggu berbulan-bulan. Sedikitnya 1.000 KTP bisa dicetak dengan lima mesin pencetakan yang dimiliki Disdukcapil.

“Satu mesin bisa mencetak 200 KTP, jadi sehari bisa dimaksimalkan 1.000 KTP di cetak. Kami harap ketika stok sekarang habis, bisa segera ditambah lagi,” katanya. (isl)

Comments

comments