Terinspirasi Cianjur Ngawangun Lembur, Desa Ciwalen Adakan CNL RW

0
304

CIANJUR, patas.id – Tak mau kalah dengan Bupati Cianjur yang punya program Cianjur Ngawangun Lembur (CNL), kini Pemerintah Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur pun menggulirkan program Ciwalen Ngajugjug Lingkungan RW (CNLR).

Menurut Kepala Desa Ciwalen, Asep Yuliarso melalui Kaur Perencanaan, Deni Rustandi, program CNLR tersebut hingga kini sudah dilaksanakan sebanyak tujuh kali.

“Pokoknya sejak digulirkannya program tersebut (CNLR, red), sampai hari ini kegiatan sudah tujuh kali dilaksanakan. Yang sudah itu di tujuh ke-RW an, dan yang belum tinggal lima RW lagi, karena total jumlah RW di sini (Desa Ciwalen, red) semuanya ada 12 ke-RW an.”

Program CNLR Desa Ciwalen dimulai sejak Februari 2017 dan dilakukan terkadang dua kali hingga tiga kali, tergantung permintaan atau kesiapan dari para RW.

“Jadi, Desa keliling mendatangi RW-RW. Kegiatannya dilakukan sesudah shalat Isya, jadi para tokoh masyarakat, para Ketua Rt, dan RW di lingkungan tersebut kumpul. Mereka itu ada yang menyampaikan aspirasi, persoalan di masyarakat, dan lain sebagainya. Isi kegiatannya seperti pembahasan mengenai keamanan lingkungan, kesehatan, dan pendidikan juga.”

Komunikasi dalam CNLR berlangsung interaktif, lanjut Deni, sebab dari masing-masing perangkat Desa juga menyampaikan program yang sudah, sedang, dan yang akan dilaksanakan ke depan.

“Jadi sebagai ajang silaturahmi dan hal lainnya agar tidak ada kesenjangan atau miskomunikasi, jangan sampai ada kesan antara Desa dan masyarakat itu hanya sebatas keperluan administrasi saja.”

Jika nanti program CNLR ini sudah selesai dilaksanakan di tiap RW, sambung Deni, di masa mendatang kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan Musyawarah Dusun (Musdus) dengan berkeliling ke tiap dusun. “Rencananya begitu, salah satunya untuk menyusun perencanaan pembangunan (forum) yang selanjutnya akan dibawa ke Musrenbangdes,” terangnya.

Dedi mengaku kegiatan CNLR ini terinspirasi oleh CNL yang dilakukan oleh Bupati Cianjur. “Intinya, setiap bulan kami selalu mengadakan kegiatan apa aja yang sipatnya positif dengan kemasan berbeda-beda dan melibatkan masyarakat banyak. Bukan hanya di dalam pembangunan saja,” pungkas Deni. (rud)

Comments

comments