Olahraga Sekaligus Opsih, Jalan Protokol Cianjur Pun Bersih

0
339

CIANJUR, patas.id – Ratusan orang yang terdiri dari pejabat Pemerintah Kabupaten Cianjur, pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan warga menenteng sebuah kantung plastik nampak mengelilingi jalan-jalan protokol Cianjur.

Kantung plastik berwarna putih yang mereka jinjing dari Pendopo Cianjur itu lama-kelamaan penuh oleh sampah, hingga akhirnya dikumpulkan untuk dibuang ke TPAS. Jalan-jalan di Cianjur yang semula dikotori sampai plastik pun bersih.

Kegiatan jalan santai yang juga agenda Operasi Bersih yang diikuti Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar itu merupakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun TNGGP ‎ke-37.

Kepala Seksi Perencanaan Perlindungan dan Perawatan TNGGP, Aden Mahyar, menjelaskan, ‎jalan santai dan opsih tersebut merupakan upaya TNGGP dalam menyosialisasikan hidup sehat dan menjaga lingkungan kepada warga Cianjur.

“Kami ingin warga Cianjur sadar pentingnya menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.”

Di samping menyadarkan pentingnya menjaga lingkungan di wilayah perkotaan, TNGGP juga menekankan pada para pendaki Gunung Gede untuk tidak merusak lingkungan Taman Nasional tersebut. Selain itu, mereka juga menyosialisasikan larangan membawa air minum dalam kemasan, agar para pendaki tidak membuat sembarangan kemasan bekasnya.

“Sedang kami sosialisasikan, selama ini sampah seringkali menumpuk. Memang pengawasan perilaku pengunjung masih minim, sebab petugas dan pengunjung setiap harinya yang mencapai 600 orang tidak sebanding. Makanya melalui gerakan sosialisasi dan melalui media, kami harap kawasan Gunung Gede bisa terjaga kebersihan serta kenyamanannya,” ucap dia. (isl)

Comments

comments