Hebat, Realisasi Bantuan Desa Ciwalen Capai 100 Persen!

0
275

CIANJUR, patas.id – Realisasi program bantuan pemerintah baik dari Dana Desa, Anggaran Dana Desa, dan Bantuan Provinsi tahun 2016 di Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, sudah mencapai 100 persen.

Menurut Kepala Desa Ciwalen Asep Yuliarso melalui Kaur Perencanaan, Deni Rustandi, penyaluran dana di antaranya seperti Dana Desa, direalisasikan ke pembangunan Jalan Desa, jalan lingkungan, TPT, dan irigasi.

“Sedangkan ADD direasisasikan ke TPT, begitupun dari Banprov direalisasikan pula ke pembangunan TPT,” tuturnya, sewaktu ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20 April 2017). Selain itu, ada tambahan bantuan dari dana aspirasi yang direalisasikan berupa rehab bangunan Kantor Desa.

“Sementara untuk 2017, rencananya bantuan Dana Desa bakal direalisasikan buat pembangunan jalan desa, TPT, jembatan, jalan lingkungan, saluran irigasi, MCK, dan ambulance desa.”

Dalam pelaksanaannya, Deni mengaku menemui sedikit kendala. Namun, secara umum selama dilaksanakannya berbagai pembangunan di desanya tersebut relatif tidak ada halangan yang berarti, selain faktor alam seperti cuaca (hujan).

“Kendati begitu, pada tahun kemarin (2016) kita memang sempat mengalami kendala, yaitu berupa alat berat untuk membangun jalan, mungkin karena pelaksanaannya hampir serentak di tiap desa. Tapi alhamdulillah, pengerjaannya tidak sampai melewati tahun.”

Oleh karena itu, lanjut Deni, untuk antisipasi kendala yang sama pada pelaksanaan tahun sekarang, pihaknya bakal menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

“Selain itu, rencananya paling pengerjaan bakal didahulukan yang paling mudah dulu, seperti pembangunan jembatan. Kalau untuk ADD kan sudah jelas peruntukannya, sedangkan Banprov direalisasikan buat pembangunan di Kantor Desa,” sebutnya mengakhiri pembicaraan. (rud)

Comments

comments