Dishub Pusing Banyak Truk Besar Masuk Perkotaan

1
398

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur mengaku kesulitan menangani banyaknya truk bertonase tinggi yang masuk ke wilayah perkotaan. Beban truk yang tinggi dengan kekuatan jalan yang tak sebanding dinilai mempercepat kerusakan jalan, khususnya di jalur protokol Cianjur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali, menuturkan, keberadaan gudang besar di wilayah perkotaan membuat truk bertonase tinggi melintas di jalur protokol, padahal seharusnya truk besar itu tidak bisa melintas ke kota lantaran beban maksimal kendaraan di perkotaan harus di bawah 10 ton.

“Memang ini yang jadi masalah, harusnya gudang itu berada di luar lingkungan perkotaan. Tapi karena regulasi yang belum jelas makanya jadi susah untuk menindaknya, yang rugi tentu Pemkab dan warga, karena jalan akan cepat rusak.”

Selain itu, menurutnya, tidak berfungsinya jembatan timbang juga memperparah masuknya truk dengan tonase tinggi. Pasalnya, berat muatan truk menjadi tidak terpantau. “Ini yang juga jadi masalah, kalau ada jembatan timbang, muatan truk yang melebihi batas bisa dikurangi. Tapi kan sekarang tidak berfungsi, makanya beban lagi bagi daerah,” kata dia.

Upaya Pemkab membatasi truk bertonase tinggi masuk ke wilayah perkotaan dengan membangun portal pun mendapat perlawanan, salah satunya dengan perusakan dan pemotongan portal yang telah dibangun di alur masuk Jalan Pangeran Hidayatullah.

“Kami sudah bangun portal di sana, tapi dirusak. Jadi susah juga.”

Djoni mengungkapkan, masuknya truk bertonase tinggi mempercepat kerusakan jalan, umur jalan pun akan lebih pendek. “Di beberapa daerah banyak yang rusak, terutama untuk jembatan,” katanya.

Karena Djoni berharapĀ ada solusi dari instansi lain untuk mengeluarkan gudang dari wilayah perkotaan. “Kami tidak memiliki kewenangan penuh menindak truk bertonase tinggi, sebab kalau di jalan itu kewenangan kepolisian, kami sebatas di lingkungan kantor dinas. Makanya harus ada kerjasama dari semua pihak,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments