Pemkab Akan Bangun 4 Tugu Baru dan Beberapa Tugu Lainnya

0
338

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur rencananya akan membangun empat tugu baru. Selain itu, di beberapa persimpangan jalan juga akan dibangun tugu dengan dana yang bersumber dari Corporate Social Responsibility  (CSR) perusahaan yang ada di Kota Santri.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, empat tugu yang akan dibangun adalah berlokasi di Alun-alun Sindangbarang, di persimpangan Jalan Ir H Juanda – JL KH Abdullah Bin Nuh, Tugu Pandanwangi di pertigaan Rancagoong, serta Tugu Keluarga Berencana di JL Dr Muwardi,

“Rencananya dari Pemkab empat tugu itu. Sedangkan yang bundaran dekat Supermall Cianjur sedang tahap pembongkaran dan pembangunan. Itu juga termasuk upaya pelebaran jalan dan pemindahan titik koordinat tugu,” papar Irvan.  Selain itu, pihaknya juga berencana akan membangun tugu di persimpangan Jalur Jonggol dan Jangari, persimpangan Jalan Raya Bandung dan Tungturunan, serta beberapa titik lainnya.

Namun, tugu di luar empat tugu awal tersebut tidak dibangun dengan anggaran daerah, melainkan dari CSR perusahaan. Tidak hanya dibebani untuk pembangunannya, perawatan tugu-tugu tersebut pun akan dibebankan pada perusahaan.

“Tugu yang dibangun juga menandakan setiap potensi yang ada di Cianjur, misalnya yang di Rancagoong itu tugu pandanwangi, di Jonggol itu tugu ikan karena Jangari penghasil ikan, begitu juga tugu lainnya. Ada nilai promosi dan pengenalan juga tentang kekayaan Cianjur.”

Menurutnya, pembangunan empat tugu dari anggaran Daerah paling lambat dituntaskan pada tahun depan, sementara untuk yang dibangun perusahaan tergantung pada kesiapan perusahaan.

“Tahun ini ada beberapa yang dibangun, kalau tidak memungkinkan semuanya tahun ini, ya tahun depan sisanya. Sementara yang dibuat dari CSR tergantung pada perusahaan, kalau dananya bisa segera ada, secepatnya dibangun.”

Ditanya terkait bakal munculnya protes, Irvan mengaku tidak begitu mempermasalahkannya, sebab setiap kebijakan dan pembangunan akan ada pertentangan, tergantung pada sudut pandangnya.

“Kalau sudut pandangnya negatif, apaun yang dilakukan akan dilihat negatif. Jadi tidak usah dipermasalahkan yang protes. Tugu tauhid di Jalan Siliwangi dan Siti Jenab juga yang sebelumnya diprotes sekarang diminta segera dibangun lagi. Ini tergantung pandangan setiap orang. tapi pembangunan tugu itu akan segera dilakukan,” pungkasnya kalem. (isl)

Comments

comments