Terkait Jabatan Struktural Mantan Napi, KASN Akan Minta Kemendagri Keluarkan Instruksi

0
267

CIANJUR, patas.id – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Sofian Efendi, mengaku pihaknya tidak bisa mendesak Pemerintah Kabupaten untuk membatalkan pengangkatan dua pejabat eks narapidana di jabatan struktural. Rekomendasi pun sifatnya tak wajib namun diharapkan diikuti, jika tidak, pihaknya akan mengajukan ke Kemendagri untuk mengeluarkan instruksi.

“Memang itu kelemahannya, KASN sifatnya hanya rekomendasi. Kecuali regulasi di atasnya diubah jadi bisa mengeluarkan keputusan, seperti halnya KPK,” ucap Sofian saat dihubungi patas.id.

Menurutnya, rekomendasi yang ditujukan pada Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar terkait adanya penempatan eks narapidana dalam jabatan struktural bukan merupakan kewajiban, tetapi sebatas imbauan. “Memang bukan keharusan, tapi baiknya rekomendasi tersebut diikuti. Perlu adanya kesadaran dari Kepala Daerah dalam menyikapi rekomendasi yang ada.”

Jika rekomendasi tersebut tidak kunjung diikuti dalam waktu dekat, apalagi jika memang terjadi kesalahan pengangkatan, Sofian mengaku pihaknya akan melakukan pengajuan ke Kemendagri untuk mengeluarkan instruksi pada Bupati Cianjur.

“Kita lihat nanti, kalau memang tidak diindahkan dan kesalahannya memang fatal, maka kami usulkan supaya ada instruksi dari Kemendagri.”

Terkait pembelaan Bupati Cianjur yang menyatakan bahwa EI dan KH hanya melakukan maladministrasi dan bukan korupsi dan merugikan negara, Sofian berkomentar bahwa sebagiknya pejabat bermasalah jangan diangkat.

“Nanti ditindaklanjuti lagi, apakah memang maladministrasi atau korupsi. Kalau korupsi sudah jelas jangan diangkat lagi, tapi baiknya yang maladministrasi juga tak diangkat.”

Seperti siberitakan sebelumnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan rekomendasi kepada Bupati Cianjur untuk membatalkan pengangkatan EI dan HK, dua eks narapidana dalam jabatan strukturan. Namun Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tidak akan mencopot keduanya jika hanya berdasarkan rekomendasi.

BACA: Bupati Takkan Copot Jabatan Struktural Mantan Napi Berdasar Rekomendasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun Ketua KASN, Sofian Efendi mengeluarkan surat bernomor B649-/KASN/2/2017 pada 28 Februari 2017 kepada Bupati Cianjur atas beberapa laporan terkait kebijakan pengangkatan pejabat. (isl)

Comments

comments