Bulog Distribusikan Beras Rastra untuk Jatah Januari-Maret 2017

0
298

CIANJUR, patas.id – Perum BULOG Subdivre Cianjur mulai melakukan pendistribusian beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra), Senin (20 Maret 2017). Koordinasi dengan Pemerintah Desa pun akan dilakukan secara intensif agar pendistribusian tepat sasaran dan tak ada penunggakan pembayaran.

Kepala Perum BULOG Subdivre Cianjur, Rizaldi, mengatakan bahwa pagu Rastra untuk Cianjur keluar pada akhir Februari 2017. Dari sana didapat data bahwa Cianjur mengalami penurunan Rumah Tangga Sasaran (RTS) dan jumlah Rastra. Tetapi meski mengalami penurunan, Cianjur tetap jadi penerima Rastra terbanyak.

“Cianjur mendapatkan 34.192.620 kilogram selama 2017 ini.”

Berdasarkan data dari Perum BULOG Subdivre Cianjur, pada 2016 lalu pagu Rastra untuk Kota Santri mencapai 37.991.880 kilogram untuk 211.066 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM). Sementara itu, di tahun ini Cianjur mendapatkan pagu sebanyak 34.192.620 kilogram untuk 189.959 RTS-PM.

“Ada penurunan sebanyak 3.799.260 kilogram dan 21.107 RTS-PM. Tapi Cianjur tetap jadi penerima rastra terbanyak, tidak hanya di Jawa Barat, namun juga di Indonesia. Kabupaten Sukabumi pun dengan 47 Kecamatan dan 386 Desa/Kelurahan, hanya mendapat 2,7 juta kilogram Rastra per bulan, sementara Cianjur dengan 32 Kecamatan dan 360 Desa/Keluarahan dapat 2.849.358 kilogram per bulan,” paparnya.

Menurutnya, distribusi beras Rastra rencananya akan dilakukan langsung untuk jatah 3 bulan, yakni Januari, Februari, dan Maret. Hal itu dikarenakan pagu baru diterima, padahal biasanya sejak Januari pagu sudah keluar. “Makanya stok tiga bulan dikeluarkan semuanya supaya tidak ada penumpukan di gudang,” ucap dia.

Rizaldi menambahkan, pihaknya berharap Pemkab Cianjur bisa bekerjasama terkait distribusi dan pembayaran, supaya tidak ada lagi penunggakan pembayaran dan keterlambatan distribusi.

“Untuk tahun lalu sudah bagus, hanya dua desa yang menunggak. Tapi baiknya distribusi lancar, seperti Kota Sukabumi. Makanya kami beri penghargaan sebagai pendistribusian terlancar, Cianjur pun baiknya seperti itu.”

‎Asda II Setda Kabupaten Cianjur, Yanto Hartono, mengatakan, pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa agar mengupayakan percepatan distribusi dan pembayaran. “Tentu Daerah juga akan berperan, semakin cepat distribusi dan pembayaran, semakin cepat juga hak penerima Rastra terpenuhi,” ucapnya.

BACA: Tahun Ini Turun 3,7 Juta Kilogram, Cianjur Tetap Jadi Penerima Rastra Terbanyak

Sementara itu Jajuli (50 tahun), warga Desa Nagrak Kecamatan Cianjur yang menerima Rastra dalam peresmian pendistribusian Rastra, mengaku bersyukur menerima Rastra. Penghasilannya sebagai buruh tani dengan besaran Rp 40 ribu per hari dinilai tidak cukup memenuhi kebutuhan makan istri dan lima anaknya.

“Kalau Rastra kan 15 kilogram harganya hanya Rp 24 ribu. Makanya sangat membantu. Jadi bisa menghemat. Alhamdulillah setiap bulan dapatnya sekarung, tidak pernah kurang. Untuk warga tidak mampu ini sangat membantu,” ucapnya. (isl)

Comments

comments