Blanko E-KTP Akan Ada April Mendatang

0
250

CIANJUR, patas.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur memastikan blanko e-KTP bakal terdistribusikan April mendatang. Namun belum diketahui jumlah blanko yang diterima sesuai dengan banyaknya data siap cetak di Cianjur.

“Kami dapat konfirmasi dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri jika pemenang lelang sudah ada, jadi kemungkinan besar April itu blanko sudah ada. Kalau sebelumnya kan masih nunggu tender,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (16 Maret 2017).

Ginanjar mengaku belum tahu ‎jumlah stok blanko yang nantinya akan didapat oleh Cianjur. Namun dia mendorong Kemendagri agar memberi stok sesuai dengan kebutuhan atau print ready record dari data saat ini.

“Sekarang print ready record 98 ribu orang, kalau yang perekaman sudah mencapai 120 ribu penduduk. Tentunya ingin stok yang diberikan sama dengan jumlah data siap cetak,” ucapnya.

Menurut dia, jika stok yang diberikan sesuai kebutuhan perlu waktu lebih dari dua bulan mencetak. Namun apabila stoknya tidak sesuai, waktu pencetakan akan lebih lama, warga pun harus lebih bersabar lagi menunggu tambahan stok selanjutnya.

“Dengan tujuh mesin, sehari bisa mencetak 1.400 KTP. Kami rencana akan nambah mesin, tapi juga harus disesuaikan dengan stok yang diberikan. jika tidak, maka upaya tersebut tidak akan maksimal. Sekarang kami didorong agar mempercepat perekaman, tapi dari Kemendagri juga harus ditunjang dengan stok yang sesuai kebutuhan.”

Ginanjar mengungkapkan, keterlambatan distribusi stok blanko akibat lelang yang beberapa kali gagal membuat banyak warga kesulitan. Meskipun bisa diantisipasi dengan adanya surat keterangan (Suket), masih terbatas dengan jarak.

“Yang buat suket sekarang sudah lebih dari 20 ribu pemohon, itupun yang biasanya warga perkotaan. Kalau yang di selatan merekam di kecamatan atau saat saba lembur, tidak banyak yang buat. Makanya kami harap segera ada pendistribusian dengan jumlah yang sesuai kebutuhan,” tutupnya.(isl)

Comments

comments