5 Petugas Diturunkan untuk Memotong Pohon Tumbang

0
260

CIANJUR, patas.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Cianjur tengah mengupayakan pemotongan pohon besar yang tumbang di bantaran Sungai Cianjur.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan bahwa pihaknya sudah menerjunkan lima petugas untuk memotong batan potong yang menimpa bangunan bertingkat di seberangnya. “Dengan alat seadanya sudah kami upayakan pemotongan. Namun karena ukurannya terlalu besar, butuh waktu lama agar terpotong seluruhnya,” ujarnya.

Asep menuturkan bahwa petugas yang diturunkan tidak terlalu banyak sebab petugas lainnya tengah melakukan peninjauan ke Sukanagara. Dikabarkan di sana terjadi pergerakan tanah yang mengancam enam rumah. “Jadi dibagi tugas. Kamipun di penebangan pohon tumbang hanya perbantuan, soalnya tugas pokok ada di PUPR.”

Sementara itu Kepala Dinas PUPR, Dedi Supriadi, menuturkan bahwa kejadian pohon tumbang di Sungai cianjur itu merupakan faktor alam, sebab pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan membangun TPT. “Sudah ada antisipasi, tapi mungkin karena bebannya terus bertambah besar, sehingga roboh.”

Dedi menambahkan, penanganan pohon tumbang kini memang kembali menjadi kewenangan PUPR, setelah sekian lama dialihkan ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

“Kalau dulu kan di Dishutbun, sekarang di PUPR. Makanya kejadian yang dekat kantor kami ini, langung ditangani oleh tim. Memang membutuhkan waktu yan lama, sebab pohon yang sudah puluhan tahun ini diameternya sampai 2,5 meter dengan tinggi 15 meter.”

Menurutnya, untuk mengantisipasi pohon tumbang di titik lainnya, PUPR telah menginstruksikan setiap Balai PUPR agar melakukan pemangkasan rutin. “Kami limpahkan ke Balai, jadi untuk pemangkasan dan penanganan ada di Balai. Kami juga koordinasi dengan BPBD ketika ada pohon tumbang, terlebih ketika cuaca buruk seperti sekarang,” tuturnya. (isl)

Comments

comments