Jalan Aria Cikondang Paling Kotor dan Bermasalah

0
310

CIANJUR, patas.id – Kebersihan di sepanjang Jalan Aria Cikondang dinilai paling buruk. Pasalnya tidak hanya sampah yang berserakan, jalur drainase sepanjang 300 meter pun tertutup oleh sampah yang bercampur tanah dan telah memadat.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman saat menggelar agenda Jum’at Bersih bersama pejabat pemerintahan Kabupaten Cianjur. Menurutnya, dibandingkan ruas jalan sebelumnya yang telah dibersihkan, jalan Aria Cikondang memang dinilai paling kotor dan bermasalah.

“Sampahnya bukan hanya plastik, tapi benda yang ukurannya lebih besar, seperti papan dan lainnya yang dibiarkan begitu saja.”

Berdasarkan pantauan patas.id, para pejabat serta petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup harus bekerja ekstra dalam membersihkan jalur tersebut karena saluran drainase sudah tertutup sepenuhnya oleh sampah dan tanah.

Selain itu, kanstin atau bata pembatas jalan juga sudah lepas dari tempatnya sehingga menutup jalur drainase. Akibatnya, Aria Cikondang sering mengalami banjir lantaran air tidak bisa mengalir di drainase yang ada.

“Drainase yang tersumbat sampai 300 meter. Ini sudah parah. Makanya tadi membersihkan jalur Aria Cikondang ini lebih lama daripada yang sebelumnya karena harus membersihkan drainase yang tertutup tanah.”

Menurut Herman, kondisi tersebut menunjukkan bahwa kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungannya masih minim. padahal yang merasakan dampak dari kebersihan lingkungan ialah warga di daerah itu sendiri. “Makanya kami dorong agar warga sadar menjaga lingkungan. Kalau lingkungan bersih, yang nyaman kan warga sendiri. Kalau kotor dan saluran airnya tersumbat, maka warga yang juga kena dampaknya.”

Herman menjelaskan bahwa jika hanya petugas yang bekerja, butuh waktu untuk membersihkan seluruh area di Cianjur. “Warga harus ikut mmebersihkan lingkungannya, minimal seminggu sekali ikut melakukan Jum’at bersih,” tuturnya. (isl)

Comments

comments