Dishub Menempatkan Petugas Tambahan di Jalan Suroso

0
290

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur menempatkan petugas tambahan di Jalan Suroso untuk mengantisipasi kemacetan di jalur tersebut. Selain itu, beberapa jalur akan dipasang rambu satu arah.

Sekretaris ‎Dishub Kabupaten Cianjur, Rahmat Kastono, mengatakan bahwa penambahan petugas di beberapa titik, khususnya di Jalan Suroso, merupakan tindak lanjut dari audiensi bersama angkum yang melintas jalur tersebut.

“Kemarin (Kamis, red) kan ada protes dari angkum katanya macet, setelah audiensi ada kebijakan dari Bupati Cianjur untuk mengatasi kemacetan. Makanya di sana ditambah petugas,” tuturnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (24 Februari 2017).

Menurut Rahmat, upaya tersebut sudah terlihat hasilnya. Kemacetan di jalur yang dilintasi lima trayek angkum sudah mulai berkurang. ‎Jalur yang biasanya padat pada jam berangkat kerja atau sekolah dan jam pulang sudah tidak begitu macet serta mulai lancar.

“Ya, alhamdulillah sudah ada perubahan, tidak terlalu padat. Dan seterusnya diharapkan bisa terus lancar. Tapi angkumnya sendiri juga jangan ngetem sembarangan, supaya tidak jadi pemicu macet.”

Menurutnya, penambahan personel dalops, DLAJ, dan parkir akan dilakukan sampai jalur normal meski tidak ada pegawai. Jika belum sampai seperti itu, pihaknya akan mengoptimalkan penambahan petugas dalam mengatur jalur. “Waktunya tidak ditentukan, sebab kalau dibubarkan sebelum jalur lancar dikhawatirkan tetap macet di jalur itu. Kan sekarang yang melintas ‎01A, 01B, 02B, 04A, dan 04B,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan membuat rambu larangan melintas ke Jalan Siti Bodedar dari arah Jalan Suroso. Pasalnya saat ini jalur itu ditetapkan jadi satu arah dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

“Sekarang kan masih portabel, jadi sering dipindahkan dan dilanggar. Nanti akan dipermanenkan, diperjelas juga jam larangannya. Kalau sudah dari pukul 18.00 WIB, kan tidak terlalu padat.”

Sementara itu, lanjut dia, traffic light yang berada di persimpangan Jalan Suroso belum difungsikan kembali. Menurutnya, harus dilakukan penyetelan ulang siklus waktu dari traffic light tersebut, sebab kondisi kepadatan lalu lintas berbeda dari sebelumnya. “Makanya sementara dipakai lampu darurat dan ditempatkan petugas. Kalau pakai siklus waktu yang sebelumnya, akan terjadi kemacetan yang lebih panjang. Kami menjamin ke depan ada perubahan,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments