Disdukcapil: Blanko e-KTP Tersedia Pertengahan Maret

1
202

CIANJUR, patas.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur menyatakan blanko e-KTP baru akan tersedia pada pertengahan Maret 2017. Sambil menunggu distribusi blanko dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Disdukcapil akan melakukan verifikasi data KTP siap cetak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Ginanjar. Menurutnya, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri menginformasikan kepada seluruh kota/kabupaten bahwa pemenang lelang blanko e-KTP baru muncul pada pekan keempat Februari 2017.

“Jadi kemungkinannya pertengahan Maret baru selesai pengadaan dan didistribusikan ke setiap daerah,” ujar Ginanjar, Rabu (8 Februari 2017). Pengadaan tersebut, menurutnya, akan sesuai dengan kebutuhan di setiap daerah dan mengacu pada data siap cetak atau print ready record. Di Cianjur, data print ready record sudah hampir mencapai 100 ribu pemohon.

“Sejak Agustus 2016 sampai Januari sudah hampir 100 ribu. Memang sangat banyak, dan mungkin dalam pencetakannya membutuhkan waktu lebih dari dua bulan, karena kami hanya punya tujuh mesin dengan kekuatan cetak 200 KTP per hari per mesin.”

Ginanjar mengatakan, sambil menunggu proses pencetakan selesai, pihaknya akan melakukan validasi ulang data print ready record. Pasalnya, dalam beberapa bulan terakhir, dikhawatirkan penduduk yang melakukan perekaman sudah ada yang pindah domisili, berubah status perkawinan, atau meninggal dunia.

“Jadi akan ada penyaringan dulu, berapa yang meninggal, statusnya jadi kawin atau cerai, dan pindah domisili. Kan selama tidak ada blanko, bisa saja ada perubahan data, dan itu harus diverifikasi ulang,” tandasnya. (isl)

Comments

comments