Warga Antre Layanan KK di Saba Lembur Warungkondang

0
299

CIANJUR, patas.id – Pelayanan KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran diserbu warga dalam agenda Saba Lembur Cianjur Ngawangun Lembur di Desa Bunisari Kecamatan Warungkondang, Selasa (7 Februari 2017).

Ketiga jenis pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur itu nampak tak henti melayani permohonan warga dari desa-desa di Warungkondang. Bahkan sampai pukul 14.00 WIB, antrean masih terus terjadi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar, mengatakan bahwa untuk setiap titik pelayanan dalam agenda Saba Lembur, sedikitnya 300 pemohon datang untuk mengajukan KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran. “Paling banyak Akta dan Kartu Keluarga. Soalnya KK bersifat berubah dari waktu ke waktu, baik karena ada yang meninggal, menikah atau faktor lainnya,” paparnya di sela kegiatan.

‎Dalam setiap titik pelayanan, Disdukcapil menempatkan lima sampai enam petugas untuk melayani warga. Namun untuk Saba Lembur tahun ini, Ginanjar mengaku pihaknya menambah petugas lantaran dalam di satu hari bisa terdapat 2 agenda di 2 desa.

“Jadi ada dua kelompok, pelayanan langsung di dua desa dari pagi hingga pukul 17. 00 WIB. Kalau tidak beres dalam satu hari, berkas akan dibawa ke kantor untuk diserahkan dan diambil oleh Pemdes.”

Meski melakukan pelayanan di desa, ungkap dia, pelayanan di kantor Disdukcapil tidak akan terganggu sebab petugas juga disiagakan dengan jumlah yang cukup banyak. “Sudah ada pembagiannya. Tapi kami kan terus lakukan peningkatkan pelayanan dengan menambah mesin dan petugas pelayanan,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar menuturkan bahwa adanya program Saba Lembur bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada rakyat, khususnya untuk pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan. “Memang ini tujuannya, supaya mendekatkan pelayanan kepada rakyat. Tidak melulu rakyat yang datang ke pelayanan, tapi pelayanan yang datang langsung ke rakyat,” tandasnya. (isl)

Comments

comments