Kesadaran Warga untuk Jaga Lingkungan Masih Rendah

0
251
CIANJUR, patas.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur menyatakan kesadaran warga untuk menjaga lingkungan masih rendah. Untuk menyikapinya, saat ini mulai dikeluarkan surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Cianjur terkait Kebersihan Keamanan dan Ketertiban (K3).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Yoni Raleda, mengatakan, permasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama, tidak dapat dilimpahkan begitu saja kepada pemerintah. “Harus ada partisipasi warga, sebab kalau pemerintah itu terbatas. Ketika warganya tetap membuang sampah sembarangan dan tidak pada jam pembuangan sampah, maka akibatnya sampah bakal terus menumpuk.”
Menurut Yoni, pemerintah sudah mengeluarkan surat edarah terkait K3 pada pekan lalu. Dalam surat edaran tersebut, tertuang kewajian warga dan Pemkab dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Ada kewajiban dari masing-masing, dan dijelaskan dalam surat edaran tersebut,” ujarnya.
Kewajiban warga dalam edaran tersebut ialah menyediakan tempat sampah sendiri untuk di tempat tinggalnya dan membersihkan lingkungan rumah. Sementara kewajiban pemerintah ialah menyediakan sarana dan prasarana, khususnya di tempat umum.
“Warga minimalnya didorong untuk menjaga lingkungan tempat tinggalnya dan kami selaku pemerintah akan menyediakan sarana prasarana yang layak.”
Di samping itu, lanjut Yoni, warga juga diimbau agar membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sementara pada jam buang sampah, yakni pada malam hari sampai pukul 04.00 Wib, dini hari. “Kalau itu sudah berjalan, maka pada siang harinya Cianjur akan bersih dari sampah yang menumpuk di pinggir jalan. Kami pun selalu menyosialisasikan melalui mobil keliling, RT, RW dan masjid,” kata dia.
Jika ada yang melanggar hal tersebut, lanjut dia akan dikenakan sanksi berupa kurungan 3 bulan atau denda paling besar Rp 50 ribu. “Itu tertuang dalam Perda. Kami harap warga sadar untuk turut serta menjaga lingkungan,” tandasnya. (isl)

Comments

comments