Forum Diskusi Pancaniti, Arena Diskusi Sebulan Sekali

0
275

CIANJUR, patas.id – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar meresmikan Forum Diskusi Pancaniti, Sabtu (4 Februari 2017) malam. Melalui diskusi yang dilakukan setiap bulan, Bupati bakal menjaring tanggapan terkait kebijakan yang dibuat.

Dalam diskusi pertama yang mengulas pemerintahan, infrastruktur, dan keagamaan itu, Bupati menyampaikan penjelasan mengenai latar belakang kebijakan yang dianggap kontroversial. Kegiatan yang digelar sejak pukul 20.00 WIB itu dihadiri puluhan warga, pengamat, mahasiswa, dan pejabat pemerintahan. Tanya jawab pun dilakukan dan langsung dijawab oleh Bupati, serta diperkuat oleh Kepala OPD yang hadir.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, forum diskusi tersebut dilakukan sebagai ‎interaksi antara pemerintah dengan rakyat dan stakeholder lainnya. “Setiap kebijakan tentunya mesti ada survey, apakah sudah sesuai harapan atau masih ada kekurangan. Hal ini sebenarnya sudah dijalankan di masa pemerintahan sebelumnya, tapi di masa kepemimpinan saya pun hal serupa akan dilakukan,” ujarnya di sela kegiatan.

Kegiatan forum diskusi tersebut rencananya akan digelar sebulan sekali di Bale Pancaniti, lanjut Irvan.

“Ini kegiatan rutin dan di sini dihadirkan Kepala OPD supaya jelas sejauh mana pengerjaan dan capaiannya. Komunikasi pun bisa berdasarkan data.”

Konsultan Forum Diskusi Pancaniti, Yudi Junadi, menuturkan bahwa ‎setiap kebijakan yang dikeluarkan harus juga ada tanggapan dari warga Cianjur, karena kebijakan tidak bisa digulirkan begitu saja tanpa riset.

“Kalau kebijakan tanpa riset itu bisa gambling. Makanya dibuat kegiatan mendengar aspirasi. Dengan begitu, kebijakan yang diambil bisa sesuai kebutuhan, itu yang diharapkan pemerintahan saat ini.”

Sampai sekitar pukul 22.00 WIB, kegiatan diskusi masih terus berlangsung. Peserta diskusi pun melontarkan pertanyaan yang cukup kritis terkait pembangunan, pemerintahan, dan keagamaan. (isl)‎

Comments

comments