Cianjur Belum Punya Rumah Singgah Sendiri

0
248

CIANJUR, patas.id – Dinas Sosial Kabupaten Cianjur menyatakan butuh rumah singgah khusus milik Pemerintah Kabupaten Cianjur. Pasalnya ‎saat ini para anak jalanan dan anak terlantar hanya dititipkan di panti yang bekerjasama dengan Dinsos.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Sumitra, mengungkapkan bahwa  wacana pembuatan rumah singgah milik Pemkab sudah ada sejak lama namun belum kunjung terealisasi, padahal keberadaannya dibutuhkan. “Memang sudah lama, dan tentunya dibutuhkan jika ada anak terlantar, anak jalanan, yatim, atau jompo yang butuh tempat singgah sementara,” ucapnya.

Menurut Sumitra, selama ini Dinsos hanya memberdayakan dan memaksimalkan panti yang telah bekerjasama dengan Dinsos untuk menitipkan para jompo atau anak terlantar hingga ada penanganan lebih lanjut.

“Ya seperti itu kenyataannya, dititipkan di panti, seperti salah satunya di panti yang berada di Karangtengah. Kalau sistemnya titipan kan ada batasannya, baik waktu ataupun yang lainnya.”

Namun, menurut Sumitra, pengadaan rumah singgah bukan ada di ranahnya, melainkan di dinas teknis lainnya. Dia mengungkapkan komunikasi dan ajuan telah dilakukan, tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan kapan akan direalisasikan.

“Kami hanya menggunakan, urusan pembangun serta pengadaan ada di dinas lain. Kami sudah ajukan, tapi belum ada keputusan. Tentu diharapkan segera, supaya ketika ada anjal dan anak terlantar bisa ditampung di rumah singgah milik sendiri, tidak melulu dititip di panti,” tuturnya. (isl)

Comments

comments