65% Alokasi APBD 2017 untuk Pembangunan Jalan

0
268

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana membangun 26 ruas jalan sepanjang 2017 nanti. Meski secara jumlah sedikit, namun pengerjaannya bakal dilakukan secara tuntas.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengungkapkan, 65% APBD Kabupaten Cianjur tahun depan akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan.

“Anggaran terbesar untuk infrastruktur, yakni 65 persen. Sementara bidang lain menunjang. Tapi anggaran akan tetap cukup, sebab di setiap OPD hanya tiga prrogram,” ujarnya, Jumat (23 Desember 2016).

Menurut Irvan, ruas jalan yang diperbaiki tidak akan terlalu banyak, yakni hanya 26 ruas jalan dari Cianjur utara hingga Cianjur selatan. Namun walau sedikit, pengerjaan akan dilakukan hingga tuntas dengan kualitas jalan diusahakan tahan lama.

“Tidak terlalu banyak tapi tuntas sepanjang ruas jalan. Tidak terpecah-pecah. Kualitas pun diutamakan supaya lebih tahan lama, sebab beton usiananya lebih panjang dibanding jalan aspal.”

Irvan mengatakan, selain pengerjaan 26 ruas jalan, ada 200 kegiatan lainnya yang dilakukan di masing-masih desa. Hal itu dilakukan supaya tak ada kecemburuan dari wilayah yang tak masuk dalam pembangunan 26 ruas tersebut. “Sebanyak 200 kegiatan itu dilaksanakan dengan sistem keroyokan, satu pekerjaan oleh semua pegawai. Kalau sebelumnya satu tangan banyak tujuan. Jika sudah berjalan satu tujuan, maka tak ada saling sikut, pembangunan akan berjalan maksimal.”

‎Sebelumnya, Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Cianjur, Atte Adha Kusdinan, mengatakan total anggaran 2017 untuk infrastruktur mencapai Rp 300 miliar dan seperempatnya ditujukan untuk perawatan.

“Kalau tidak dirawat sama saja bohong. Jalan yng satu diperbaiki tapi jalan yang sudah ada dibiarkan rusak lagi. Jadi sambil mengejar target 60 persen jalan mantap di 2019 dan 70 persen di 2021, jalan yang sudah baik tetap dirawat,” tuturnya. (isl)

 

Comments

comments