Batal November, Blanko KTP Baru Datang Januari 2017

0
169
Antrean warga yang akan membuat e-KTP meluber hingga keluar kantor.

CIANJUR, patas.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar, mengungkapkan bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri bahwa pengadaan blanko KTP yang rencananya diberikan November ini batal.

Tidak adanya perusahaan yang memenuhi kriteria atau standar lelang membuat lelang tersebut batal dilaksanakan. “Baru hari ini ada informasi, dan kami juga masih menunggu surat pemberitahuannya untuk diedarkan,” tutur Ginanjar, Selasa (15 November 2016)

Menurutnya, kondisi tersebut membuat pengadaan blanko yang rencananya dilakukan November ini bakal molor hingga Januari tahun depan.

“Kalau pastinya tidak tahu, tapi yang jelas Januari.”

Tidak adanya stok blanko, membuat antrean pencetakan KTP semakin menumpuk. Saat ini tercatat 62 ribu KTP siap cetak (print ready record) menumpuk di Disdukcapil Cianjur. Bahkan hingga Januari mendatang, diperkirakan antrean pencetakan mencapai lebih dari 100 ribu KTP. “Sehari kami menerima 100 orang untuk perekaman, belum ditambah dari kecamatan. Kemungkinan bisa sampai 100 ribu. Jumlah itu sesuai dengan target perekaman sebanyak 150 ribu penduduk,” kata Ginanjar.

Untuk mengantisipasi warga yang membutuhkan keterangan pendudukan, Disdukcapil sudah menyiapkan surat keterangan (‎suket) yang fungsinya sama dengan KTP. Tercatat 513 suket dikeluarkan selama stok blanko habis.

“Kemungkinan akan banyak yang buat suket, apalagi melihat stok blanko kosong sampai tahun depan. Tapi ini juga sedang kami sosialisasikan lagi, sebab fungsi dan legalitasnya sama dengan KTP.”

Meski begitu, lanjut Ginanjar, Disdukcapil mengharapkan adanya pengadaan blanko secepatnya, sebab jika tidak dilakukan segera antrean akan menumpuk dan waktu pencetakan akan membutuhkan waktu yang lama. “Mesin ada 5, masing-masing mampu mencetak 300 ktp. Kalau sebulan berarti sekitar 45 ribu. Makanya kalau dibiarkan butuh waktu lebih dari 2 bulan untuk mencetak seluruh KTP, itupun jika stoknya sesuai kebutuhan,” tutupnya. (isl)

Comments

comments