Cianjur Siaga Bencana Banjir dan Longsor

0
251
81069437pb011_chinaquake.jpg

CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menyatakan status kebencanan Cianjur kini sudah memasuki Siaga Bencana Banjir dan Longsor.

Hal itu diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, saat dihubungi patas.id melalui telepon seluler. Menurutnya, meski surat keputusan masih belum diterima, namun sejak Oktober 2016, status kebencanaan sudah menjadi siaga.

“Status siaganya dari Oktober 2016 sampai Februari 2017 mendatang. Masih dalam proses penyusunan, tapi untuk keputusan secara lisan sudah ada.”

Menurut Asep, cuaca ekstrem akibat badai La Nina membuat kondisi cianjur rentan ‎terjadi bencana alam. Bahkan setiap bulannya rata-rata terjadi lima sampai enam bencana alam, mulai dari banjir hingga longsor. “Memang intensitasnya tidak begitu tinggi dibandingkan tahun lalu yang bisa mencapai 10 bencana per bulan, tapi tetap harus diwaspadai,” ujarnya.

Asep menuturkan, saat ini BPBD terus berupaya untuk melakukan antisipasi dengan melakukan pengembalian fungsi sungai dan penguatan struktur tanah. “Kami ajak warga agar tak sembarangan menjadikan lahan pertanian, terutama di wilayah yang curam. Kami juga sudah imbau agar ketika timbul tanda-tanda bencana, segera mengungsi ke tempat aman,” tandasnya. (isl)

Comments

comments