Jajanan Anak Sekolah Rentan Penyakit

0
334

CIANJUR, patas.id – Keamanan pangan di Kabupaten Cianjur masih rendah, sehingga konsumen rentan terkena penyakit. Jajanan anak sekolah merupakan salah satu contohnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Kabupaten Cianjur, Yanto Hartono, menuturkan bahwa keamanan pangan menjadi salah satu faktor yang diperhitungkanpihaknya. Perlu ada pemantauan khusus agar makanan yang dikonsumsi, terutama jajanan anak di sekolah aman dikonsumsi.

“Masih banyak pangan yang belum aman, baik dalam segi pengolahan atau bahan baku. Biasanya yang paling rentan itu untuk jajanan anak,” ujar Dadan. Menurutnya, keamanan pangan penting sebab selaras dengan penilaian sumber gizi yang diperoleh untuk menyesuaikan pola pangan harapan.

“Pola pangan harapan itu kan dinilai dari keseimbangan setiap orang dalam konsumsinya, pola gizi diperhatikan. Kalau tidak aman maka pola pangan harapan itu tidak akan tercapai.”

Namun, tambah Yanto, kerawanan pangan tersebut sudah mulai menurun dari tahun ke tahun. Pasalnya, upaya peningkatan pola pangan harapan dan keamanan pangan terus digencarkan.
“Kerawanan pola pangan harapan sudah menurun, tapi tetap harus diwaspadai dalam keseimbangan gizi dan keamanan pangannya itu sendiri.”

untuk mengantisipasi peningkatan kerawanan, lanjut Dadan, di masa mendatang pihaknya akan melakukan kajian kerawanan pangan di tingat desa, sebab saat ini pihaknya baru mengkaji di tingkat kecamatan.

“Jadi kami ingin mengoptimalkan pengendalian desa rawan pangan di Cianjur.”

Menurut Yanto, secara keseluruhan di Kabupaten Cianjur, ketahanan pangan sudah dinilai optimal dan cukup menyangga kabupaten/kota lain di wilayah I Bogor. (isl)

Comments

comments