Beras Pandanwangi: Ciri Khas dan Nilai Jual Cianjur

0
255

CIANJUR, patas.id – Ingat Pandanwangi, ingat Cianjur, itu yang diungkapkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman dalam pembukaan roadshow Sosialisasi Indikasi Geografis Beras Pandanwangi Cianjur, Sabtu (15 Oktober). Menurut Herman, Cianjur memiliki potensi besar‎ dalam sektor pertanian. Pandanwangi yang menjadi varietas asli Cianjur merupakan ciri khas yang dapat menjadi nilai jual dibanding daerah lainnya.

“Pandanwangi kan hanya bisa ditanam di Cianjur, ini jadi keuntungan bagi kita, berkah yang tak ternilai. Makanya selalu ada anggapan Allah sedang tersenyum ketika menciptakan Cianjur.”

Pemkab Cianjur, lanjut Herman, akan terus melakukan berbagai upaya dalam mengembangkn beras pandanwangi, di antaranya dengan telah membuat dan menetapkan beras Pandanwangi Cianjur sebagai salah satu produk yang dilindungi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Di samping itu, pemerintah daerah berencana memperbanyak ‎lahan pertanian pandanwangi. Bahkan penambahan itu dilakukan dengan membeli lahan agar tak ada alih fungsi, baik ke perumahan atau industri.

“‎Rencananya dibeli, namun tetap dikelola para petani. Bukan berniat memonopoli, tapi kami ingin mengamankan lahan yang ada. Pasalnya sekarang banyak faktor untuk alih fungsi, mulai dari ekonomi dan lainnya. Kami harap ke depan Pandanwangi memiliki nilai lebih supaya petaninya juga sejahtera,” tandas Herman. (isl)

Comments

comments