Aparatur Sipil Pelaku Pungli Akan Diberi Sanksi

0
194

CIANJUR, patas.id – ‎Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, menegaskan bahwa Cianjur harus bebas dari pungutan liar. Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Cianjur yang melakukan aksi pungut akan diberi sanksi tegas.

“Jangan sampai terjadi pungli di ‎Cianjur. Apalagi terjadi operasi tangkap tangan (OTT) pungli seperti yang ramai diberitakan saat ini. Makanya dijalankan beberapa upaya,” ujar Irvan dia saat ditemui di Pendopo Kabupaten Cianjur, Kamis (13 Oktober).

Menurut Irvan, Pemkab Cianjur sudah ‎membuka layanan ‘LAPOR’ sehingga warga dapat melaporkan upaya pungli dari oknum ASN di setiap instansi. “Sudah ada beberapa laporan yang masuk dan sedang ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Praktek pungli terjadi lantaran faktor Sumber Daya Manusia (SDM). Namun Bupati yakin bahwa banyaknya pihak yang mengawasi diyakini dapat menekan pungli.

“Instruksi ke setiap dinas untuk antisipasi pungli sudah ada, tinggal pelaksanaannya.”

Sementara itu, belum lama ini Inspektur Daerah (Irda) Kabupaten Cianjur Agus Indra, menyatakan pihaknya telah menerima 7 laporan dari masyarakat melalui layanan pengaduan pesan singkat ke 1708. “Sekarang itu mudah bagi masyarakat menyampaikan kritik dan saran soal pelayanan publik. Sebagai kontrol sosial agar ASN tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan,” tuturnya. (isl)

Comments

comments