Ribuan Warga Cianjur Khusuk Mengikuti Sholat Idul Adha

0
281

CIANJUR – Ribuan warga Cianjur tumpah di Jalan Siti Jenab, Mangunsarkoro, dan Jalan Moch. Ali untuk mengikuti pelaksaanaan sholat Idul Adha. Meski berbeda dari biasanya yang digelar di dalam masjid Agung, warga nampak khusyuk melaksanakan sholat sunnah tersebut.

Sejak pukul 05.00 WIB, jalan yang ditutup dan dijaga ketat oleh petugas kepolisian bersenjata lengkap tersebut sudah didatangi para jamaah. Mereka langsung mencari posisi salat dan melakukan takbir terlebih dahulu.

Sekitar pukul 06.00 WIB, tiga ruas jalan tersebut sudah mulai terlihat padat, tak ada ruang yang tersisa dalam setiap saf. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berkumpul di sana. Untuk kaum laki-laki, batasannya mulai dari pintu masuk parkir Masjid Agung hingga perempatan Jalan Moch Ali dan Mangunsarkoro, selebihnya ialah untuk kaum perempuan.

Semakin siang, gema takbir semakin keras, sambutan dari Bupati dan Wakil Bupati Cianjur pun di sampaikan di sela rangkaian acara.

Sayangnya, sejumlah jamaah masih melaksanakan ibadah sholat di tempat yang sudah dilarang panitia, yakni Alun-alun Cianjur. Meski begitu, pelaksanaan sholat ied berjalan lancar sesuai dengan rangkaian acara yang ada. Bahkan jamaah belum beranjak hingga ceramah selesai.

“Idul Adha secara etimologis bermakna pengorbanan, yang menjadi peringatan hari raya umat Islam setiap 10 Dzulhijah. Pengorbanan itu sendiri memiliki esensi yang cukup dalam, yaitu menjadikan setiap yang mengaku muslim tawadhu (rendah hati) dan ikhlas agar tercipta suasana toleransi yang kuat,” ujar Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar usai shalat Ied.

shalat-idul-adha-cianjurIrvan mengungkapkan, berbedanya pelaksanaan kali ini bukan hanya mencari sensasi atau lainnya melainkan untuk lebih menjalin kekompakan warga Cianjur dan menyiarkan Islam lebih baik lagi.

“Syiar itu baiknya di lapang terbuka, makanya kami lakukan di sini (jalan, red). Untuk kaum laki-laki kan bisa melihat langsung imamnya, sementara yang kaum wanita ketika ceramah ditampilkan melalui layar besar. Kami harap warga Cianjur bisa terus bersatu untuk Cianjur lebih maju dan agamis.”

Usai menghadiri shalat Idul Adha, Bupati menghadiri penyembelihan hewan kurban di Pendopo Kabupaten Cianjur. (isl)

Comments

comments