7 Film Terbaik Produksi Studio Ghibli untuk Anak-anak

0
335

PATAS.IDStudio Ghibli is adalah studio film Jepang yang telah banyak memproduksi film-film animasi berkualitas. Jika dulu kita lebih sering menonton film-film produksi Walt Disney, tak ada salahnya kita tawarkan film-film produksi Studio Ghibli pada anak-anak kita. Secara kualitas, film produksi Ghibli menawarkan tontonan yang bisa membangkitkan imajinasi anak-anak sekaligus menanamkan nilai-nilai kebaikan.

Dari ratusan film produksi Ghibli, ada beberapa film yang aman ditonton oleh anak berusia di bawah 13 tahun. Patas memilahnya untuk para pembaca:

  • My Neighbor Totoro. Film ini bercerita tentang seorang lelaki dan 2 anak perempuannya yang pindah ke sebuah rumah baru di desa. Di desa, kedua anak tersebut berkenalan dengan teman-teman baru yang adalah roh-roh hutan yang lucu dan menggemaskan. Realita dan fantasi berbaur dalam film yang berakhir bahagia ini. My Neighbor Tototro tak mengandung undur kekerasan.
  • Ponyo. Ponyo dalam film ini bukan nama rumah makan Sunda, melainkan nama seekor ikan yang ingin menjadi manusia. Ponyo bertemu dengan seorang anak lelaki bernama Sousuke dan mereka berteman baik. Film ini penuh dengan warna-warna indah dan berwawasan lingkungan, meskipun pesan tersebut disampaikan secara tersirat. Kasih sayang antara Ponyo dan Sousuke digambarkan dengan manis, dan ada adegan satu kecupan singkat antara keduanya. Secara umum, film ini aman ditonton anak-anak.
  • Kiki’s Delivery Service. Film yang berakhir bahagia ini menceritakan tentang gadis penyihir berusia 13 tahun yang sesuai tradisi, terpaksa harus menjelajahi dunia. Dalam pengembaraannya, Kiki yang terbang dengan sapu dan bisa bicara dengan kucing ini mempelajari hal-hal baru, mengalami suka-duka persahabatan, serta tumbuh dewasa. Tak ada darah dan kekerasan dalam film ini.
  • Laputa: Castle in the Sky. Film ini bercerita tentang petualangan seru yang melibatkan permata, bajak laut, kota terapung, aksi tembak-tembakan dan adegan kejar-kejaran. Ada perkelahian dan penggunaan senjata dalam film ini, sehingga mungkin tak cocok bagi anak di bawah 10 tahun.
  • The Cat Returns. Penyayang kuncing harus menonton film yang bercerita tentang seorang gadis yang masuk ke dunia kucing dan lambat laun berubah jadi kucing ini. Di dalamnya terdapat petualangan seru, persahabatan, kasih sayang. Meskipun ada sedikit cinta-cintaan, namun nilai-nilai perjuangan untuk mendapatkan rasa percaya diri sangat kuat dalam film ini. Cocok untuk segala usia.
  • The Secret World of Arrietty. Film ini bercerita tentang Arrietty, seorang gadis yang tinggal bersama kedua orang tuanya di bawah sebuah rumah. Arrietty adalah sejenis liliput yang ukuran tubuhnya hanya sebesar jari manusia. Dia berteman dengan Sho, anak pemilik rumah yang sakit-sakitan, meskipun ukuran tubuh mereka jauh berbeda. Film ini berakhir manis-manis pahit.
  • My Neighbor The Yamadas. Film ini menceritakan kehidupan keluarga Yamada yang terdiri dari Takashi dan Matsuko (ayah dan ibu), Shige (ibu Matsuko), Noboru (anak lelaki 13 tahuns), Nonoko (anak perempuan 5 tahun), serta Pochi (anjing keluarga). Banyak peristiwa-peristiwa seru sekaligus dalam kehidupan keluarga ini, cocok sebagai tontonan keluarga. (cho)

Comments

comments