Moana, Putri Polinesia Yang Cerdik dan Mandiri

0
279

PATAS.ID – Sebuah film anak-anak keren akan segera beredar di bioskop Indonesia. Moana adalah judul film animasi dengan genre petualangan besutan Disney Animation Studios yang memang tak perlu diragukan lagi kualitas produksinya.

Film ini bercerita tentang Moana Waialiki, seorang putri pemberani asal Polinesia yang bertualang di laut lepas untuk menyelamatkan rakyatnya. Dalam petualangan serunya, Moana ditemani seekor ayam jantan lucu serta Maui, manusia setengah dewa. Bersama-sama mereka menghadapi sejuta bahaya yang menghadang perjalanan mereka.

Moana disuarakan oleh Auli’i Cravalho, penyanyi Amerika yang berasal dari kepulauan Hawaii. Film Moana merupakan debut layar lebar pertama bagi Cravalho. Sedangkan peran Maui manusia setengah dewa disuarakan oleh aktor laga Dwayne Johnson (The Mummy Returns, San Andreas, GI Joe, Furious 7, dan lain-lain). Sutradara film Moana, John Musker dan Ron Clements, sebelumnya pernah menyutradarai film animasi Disney seperti Aladin, The Little Mermaid, Treasure Island, Hercules, serta The Princess and The Frog.

Moana Waialiki akan menjadi putri Disney pertama yang berasal dari Polinesia. Sebelumnya, Disney telah membuat banyak film putri-putrian dari berbagai latar belakang seperti Jasmine (pasangan Aladdin, dari Timur Tengah), Mulan (China), Tiana (dari Maldonia, Afrika), Pocahontas (Indian), serta banyak putri berambut pirang dari kisah-kisah klasik Eropa. Namun, tak seperti putri-putri Disney lain yang menggantungkan nasibnya pada keberuntungan atau pertolongan pangeran tampan, Moana akan menjadi putri yang mandiri dan cerdik. Ini tentunya menjadi poin plus.

Menurut Musker, sutradara film Moana, untuk membuat film ini dirinya sengaja mempersiapkan sebuah tim yang terdiri dari anthropologis, budayawan, sejarawan, ahli bahasa, serta koreografer untuk meneliti adat tradisi serta kebudayaan orang-orang yang berasal di kepulauan Pasifik seperti Samoa, Tahiti, Mo’orea, serta Fiji.

Dwayne Johnson, pengisi suara karakter Maui, mengaku sangat bangga bisa ambil bagian dalam film ini. Johnson, yang leluhurnya juga berasal dari wilayah Polinesia, mengungkapkan bahwa dirinya melihat film sebagai sebuah kesempatan yang tak bisa disia-siakan.

“Sudah waktunya bagi dunia untuk melihat betapa kaya budaya bangsa Polinesia.”

Film Moana telah tayang premiere di beberapa negara untuk kalangan tertentu (pers dan kritikus) serta mendapat respon baik. Website IMDb memberi rating 8,3/10 untuk Moana sementara website Rotten Tomatoes memberi rating 8,1/10 dengan jumlah kritikus 39 orang (39 melemparkan tomat segar, 0 tomat busuk). Penilaian positif terutama ditujukan pada grafis yang indah, lagu yang indah, cerita yang seru, serta pesan moral yang sangat baik untuk generasi muda agar selalu berjuang dan tak pantang menyerah.

Di Amerika, film Moana akan ditayangkan untuk umum esok hari (23 November 2016), sedangkan di Indonesia pada hari Sabtu (25 Desember 2016) di bioskop-bioskop. Jangan lupa catat tanggalnya dan bawalah anak-anak atau adik-adik kita menikmati petualangan seru bersama Moana. (cho)

Comments

comments