WhatsApp: Selamat Tinggal Ponsel Jadul!

0
248

PATAS.ID – Pengguna ponsel jadul harus bersiap-siap memperbaharui platform ponsel mereka atau mengucap selamat tinggal pada aplikasi WhatsApp. Pasalnya, WhatsApp telah mengumumkan bahwa pengguna Window, Apple, dan Android tipe lama takkan lagi bisa mempergunakan aplikasi WhatsApp per awal Januari 2017 dan pertengahan 2017 bagi pengguna Blackberry dan Nokia.

WhatsApp yang merupakan milik Facebook beralasan bahwa platform ponsel jadul tak lagi bisa mengejar fitur-fitur terbaru yang mereka tawarkan. Hal tersebut dikemukakan WhatsApp saat merayakan ulang tahun ke-7 perusahaan mereka yang berdiri sejak 2009.

Aplikasi WhatsApp yang sekarang dipakai oleh lebih dari 1 miliar pengguna ponsel diluncurkan pertama kali seiring dengan berkembangnya Apple’s App Store, dengan sistem operasi yang bisa didukung Blackberry dan Nokia. Namun, seiring perkembangan pasar ponsel yang kini dikuasai Google, Apple and Microsoft, perubahan kebijakan dibuat.

Dalam keterangan pers, WhatsApp menyebutkan bahwa mereka harus meninggalkan platform ponsel tertentu yang tak sesuai dengan fitur WhatsApp.

“Untuk tujuh tahun ke depan, kami ingin berfokus pada usaha-usaha pengembangan aplikasi melalui platform ponsel yang paling banyak dipakai.”

Daftar platform ponsel yang takkan lagi bisa memakai aplikasi WhatsApp di akhir tahun 2016 termasuk: Android 2.1 dan Android 2.2; Windows Phone 7 serta iPhone 3GS/iOS 6. Pada Juni 2017, WhatsApp takkan lagi mendukung BlackBerry, termasuk BlackBerry 10; Nokia S40; dan Nokia Symbian S60.

Sistem operasi Nokia Symbian yang diluncurkan tahun 2007 merupakan satu-satunya platform paling jadul yang bisa dipakai WhatsApp-an. Mengenai hal ini, pihak WhatsApp mengatakan:

“Meskipun ponsel-ponsel ini merupakan bagian penting dalam sejarah WhatsApp, namun mereka takkan lagi mampu mengejar fitur-fitir yang kami sediakan di masa depan.”

WhatsApp menyarankan para pengguna ponsel ber-platform jadul untuk meng-upgrade ponsel mereka ke platform Android, iPhone atau Windows terbaru. Semenjak diciptakan oleh Jan Koum and Brian Acton di Kanada tujuh tahun lalu, aplikasi pesan ini memang berkembang pesat dan semakin banyak dipakai. Berbagai fitur baru pun ditambahkan. Bulan lalu, WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur video calling yang diproyeksikan akan bersaing ketat dengan Facetime milik Apple dan Skype. (cho)

Comments

comments