9 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan

0
287
young woman massaging his feet

PATAS.ID – High heels atau sepatu hak tinggi merupakan salah satu aksesoris fashion bagi banyak perempuan. Sebagian perempuan menggunakan high heels pada acara-acara tertentu seperti pesta, sedangkan lainnya menggunakan high heels secara rutin, misalnya di tempat kerja.

Meskipun high heels diakui mempercantik penampilan dan membuat gaya berjalan menjadi terlihat anggun, namun terlalu sering memakai high heels bisa berbahaya, lho! High heels terutama yang berjenis stiletto atau memiliki hak tipis dan runcing, diketahui menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan, seperti:

  1. Sakit punggung bagian bawah. Stiletto tidak bersahabatan baik dengan kenyamanan. Distribusi beban tubuh yang tak merata bisa menyebabkan kelelahan, radang, dan rasa sakit pada punggung terutama bagian bawah.
  2. Kelelahan betis. Selain membuat lelah, high heels juga bisa menyebabkan membengkaknya pembuluh darah pada betis. Dalam jangka panjang, pembuluh darah tersebut akan terlihat ke permukaan kulit.
  3. Sakit kaki. Desain high heels yang menukik memang cantik, tapi memakainya urusan lain lagi. Seharian memakai high heels dijamin membuat kaki sakit dan pegal-pegal baik di bagian jemari, tumit, maupun telapak kaki.
  4. Cedera pergelangan kaki. High heels di desain hanya untuk dipakai berjalan di atas permukaan yang rata. Jalan berkerikil, bertanah atau berlubang sangat mungkin menyebabkan keseleo hingga cedera pergelangan kaki. Bahkan jika kita tidak jatuh mendarat dengan baik, high heels bisa menyebabkan cedera pada telapak tangan, lutut, atau siku.
  5. Kelainan tulang belakang. Mayoritas fashionista memakai high heels untuk memamerkan bentuk tubuh mereka. Karena high heels membuat perempuan bertumpu pada kaki depan, maka tulang punggung akan melekuk ke depan sementara tulang pinggul akan terdorong ke belakang sehingga postur tubuh nampak sexy. Namun tubuh kita tidak diciptakan dengan lengkungan alamiah seperti itu. Akibatnya, berlama-lama memakai high heels akan mengganggu bahkan mengubah susunan tulang belakang.
  6. Penyempitan pembuluh darah. Konstruksi high heels membuat kaki terlihat lebih ramping dan jenjang. Namun konstruksi yang sama juga akan menekan kaki sehingga pembuluh darah takkan mengalir dengan lancar. Dalam kasus-kasus ekstrim, pembuluh darah pada kaki bisa pecah karenanya.
  7. Pembengkokan jari kaki. Jari kaki yang bengkok ke arah luar mengikuti bentuk sepatu adalah gejala umum yang paling sering ditemui pada pemakai rutin high heels. Di luar negeri, fenomena ini disebut “hammer toe”. Bahkan jika kaki kita secara alamiah berbentuk lebar dan tak muat dalam high heels, jari kaki bisa menumpuk.
  8. Sakit lutut. Saat memakai high heels, lutut akan menjadi pusat tumpuan seluruh berat badan. Tak heran jika pemakaian high heels bisa melemahkan lutut, bahkan bisa menyebabkan osteoarthritis.
  9. Memanjangnya jari kaki. Jari kaki yang secara alami berlekuk pada perempuan biasa akan dipaksa lurus dan terulur mengikuti bentuk sepatu yang pipih pada pemakai high heels rutin.

Nah, setelah tahu bahaya kesehatan yang disebabkan oleh pemakaian high heels, alangkah baiknya jika kita membatasi pemakaian high heels secara rutin. Meskipun kita diwajibkan memakai high heels ke tempat kerja, misalnya, jangan lupa sesekali melepasnya agar kaki kita tak tersiksa. (cho)

Comments

comments